• Breaking News

    Ada Dugaan Pungli dalam Pencairan PKH Way Lima dan Way Khilau

    Ada Dugaan Pungli dalam Pencairan PKH Way Lima dan Way Khilau

    Pesawaran, Kejarfakta.com -- Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di sejumlah beberapa desa Kecamatan way Lima dan Way Khilau Kabupaten Pesawaran diduga kuat telah disalahgunakan. 

    Warga mengeluhkan akan adanya pungutan liar (pungli) atau potongan sebesar, Rp100 ribu perorang yang mendapat PKH di tahun 2019 ini.

    Padahal, PKH sendiri merupakan salah satu program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dan memutuskan rantai kemiskinan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok yang paling miskin.

    Hal ini di ungkapkan beberapa orang yang mendapat kan PKH, salah satunya warga Desa Cimanuk Kecamatan Waylima dan Warga Desa Mada Jaya Kecamatan Waykhilau, Saat di temui di kediamannya, Selasa, (29/1/2019). 

    “Memang benar saya telah medapat kan bantuan PKH tapi dalam pengambilan bantuan tersebut bukan saya yang mengambil, melain kan ketua kelompok kami sendiri,” jelas warga

    “karena ketua kelompok pkh sendiri yang mendatangin dan meminta kartu rekening PKH, untuk di cairkan, bahkan ketua kelompok sendiri yang mengantar kan uang itu kerumah sebesar satu juta rupiah dan sudah di potong langsung pada ketua kelompok 100, ribu rupiah dengan alasan yang tidak jelas”, Katanya.

    Dengan adanya pengaduan atau informasi dari masyarakat, yang mempertanyakan potongan sebesar Rp100 ribu perorang yang terlalu besar dan tanpa ada kesepakakatan sebelumnya.

    “Dan kami pun langsung mendatangi ketua kelompok PKH tahap dua yang ada di Desa Cimanuk untuk di mintai keterangan dengan ada nya potongan tersebut dan dia pun mengatakan kan, itu hanya untuk beli sabun dengan sukarela dan dari pandamping desa pun mengetahui, “ imbuhnya. 

    Untuk Sementara pihak pendamping PKH Desa Cimanuk Kecamatan Waylima belum dapa di konfirmasi dengan adanya potongan Rp100 yang di lakukan pada ketua kelompok PKH Desa Cimanuk .

    “Dan Kamipun berharap pada Dinas terkait yang ada di Kabupaten Pesawaran agar dapat turun kelapangan dengan ada nya potongan Bantuan PKH tersebut,” Tandasnya

    Reporter   :  Deva
    Editor       :  Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad