• Breaking News

    Meski Belum Terkategori Kabupaten Rawan Bencana, BPBD Way Kanan Tetap Siaga

    Rusli Arsad, Kepala Badan Penanggulangan  Bencan Daerah Way Kanan

    Way Kanan, Kejarfakta. omm -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Way Kanan, tetap siap siaga dalam menghadapi segala sesuatu yang berkaitan dengan bencana di daerah. 

    Hal tersebut, di sampaikan oleh Kepala Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Way Kanan, Rusli Arsad di ruang kerjanya saat di wawancara oleh Kejarfakta. Com rabu (30/01/2019). 

    Menurutnya, untuk Kabupaten Way Kanan belum terkategori sangat rawan bencana, namun kenyataanya, saat musim  hujan terdapat beberapa titik daerah yang terkena banjir.

    Historisnya kata dia, itu disebabkan banyak masyarakat asli Way Kanan yang bermukiman di pingir aliran sungai, karena pada zaman dahulu ketika jalur transpportasi belum  belum berkembang seperti sekarang saat ini,dan sungai merupakan jalur atranportasi alternatif oleh warga, oleh karena itu tetap rentan terhadap bencana saat banjir. 

    Kabupaten Way Kanan memilki 7 aliran sungai yang besar,  yaitu Sungai Way Kanan,  (Way/Sungai. Red) Way Umpu, Way Besai, Way Tahmi, Way Pisang, Way Gimam, Way Neki serta beberapa Sungai-Sungai kecil.

    Selain itu, saat musim kemarau Kabupaten Way Kanan memiliki lahan register, lahan tidur, dan di kabupaten itu memilik budaya tradisional jika berladang menebas dan membakar langsung menanam meskipun budaya tersebut setiap tahunnya menurun, namun pengedalianya terkesan susah untuk pengembaliannya ketika kalau terbakar.

    “Semboyan kita yaitu Tanggap, Tanggkas,  dan Tangguh, bencana itu jangan diartikan sempit, karena bencana bisa disebabkan oleh faktro alam juga faktor non alam, yaitu dari perbuatan manusia,  untuk diketahui bahwa pengetahuan ketrampilan tentang penaggulangan bencana ini harus dikenali, dikuasai oleh seluruh masyarakat, mekipun mahir ketika terjadi bencana kita tetap cemas apalagi yang tidak memahami,” jelasnya. 

    “Harapan saya kepada seluruh elemen masyarakat kami siap menerima, serta mengakomodir informasi yang kita perlukan, karena tugas pungsi kita  sebagai aparatur pemerintah tidak lain adalah melayani kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

    Reporter    :    Yasir
    Editor        :    Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad