• Breaking News

    Butuh Perhatian, Akses Jalan Menuju Wisata Gerdai Rusak Parah

    Akses Jalan Menuju Wisata Gerdai  Rusak Parah, Warga Negeri Ratu Resah

    Lampung Barat, Kejarfakta.com -- Aparatur Pemerintahan Pekon Negeri Ratu, Kacamatan Batu Brak Kabupaten Lampung  Barart (Lambar) merasa dibingungkan terkait perbaikan jalur menuju kawasan destinasi wisata negeri di atas awan (gerdai) salah satu kawasan wisata yang cukup diminati pengunjung  di Pekon itu.

    Pasalnya, pihak pekon sudah mengajukan permintaan kepada Pemerinta Lambar, untuk memperbaiki jalur sepanjang 3 km  yang melintasi pemangku III, IV dan V di pekon itu, melalui Anggaran dana Desa (ADD) namun hingga saat ini belum mendapatkan respons dari pihak Pemkab Lambar. bahkan pihak pekon juga pernah menyerahkan perbaikan jalan itu kepada pemerintah daerah, namun belum juga di akomodir.

    Hal tersebut dijelaskan, peratin  Negeri Ratu Hervin ketika dikonfirmasi Kejarfakta.com Senin (04/02/2019) 

    “Kita sudah pernah meminta pemda untuk diserahkan kepada pekon untuk memperbaiki menggunakan anggaran dana pekon (ADD) tapi tidak diakomodir,  juga sudah beberapa kali kita ajukan perbaikan kepada pemerintah, tapi juga tidak ada tindak lanjut sampai sekarang," jelasnya.

    Menurut Hervin, Efek dari kerusakan jalur tersebut, selain membuat ketidak nyamanan para pengguna jalan, juga dikeluhkan oleh para pelajar yang setiap harinya bersekolah.

     
    Akses Jalan Menuju Wisata Gerdai  Rusak Parah, Warga Negeri Ratu Resah

    "Bahkan sudah banyak masyarakat yang pindah akibat jalan rusak ini. Di pemangku IV dan V sekarang, lebih kurang ada 20 KK lagi, karena dulu di pemangku V itu ada 70 KK, begitulah gambarannya efek dari kerusakan akses jalan ini," Imbuhnya.

    Ditambahkan Hervin,  kondisi jalan yang berbentuk rabat beton yang dibangun  melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) pada tahun 2010 silam saat semakin hari semakin tak layak untuk dilalui

    "Jadi kami memohon kepada pemda untuk menganggarkan dana memperbaiki akses jalan wisata gerdai, ya kalo tidak dianggarkan kami harap pemda melimpahkan saja tugas ini kepada pekon," harapnya

    Hervin manambahkan, jika perbaikan tersebut diserahkan kepada pekon Negeri Ratu ini yakin, meski di lakukan sedikit demi sedikit pihak pekon berkeyakinan  akan terselesaikan. 

    Terpisah, Plt Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Ronggur, mengatakan, untuk rencana pembangunan jalan wisata Gerdai belum terprogram mengingat, pengelolaan akses jalan merupakan kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lambar, sementara  yang di prioritaskan pada tahun 2018 adalah areal kawasan wisatanya bukan jalur menuju areal wisata. 

    “Untuk tahun 2019 ini kita akan prioritaskan pembangunan pada repting wisata arum jeram di Sumber Jaya sedang akses jalan wisata gerdai sendiri, bukan kewenangan dari Disporapar, tetapi silahkan konfirmasi kepada dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” imbuhnya

    Sayangnya, ketika wartawan kejarfakta hendak konfirmasi terkait akses jalan wisata gerdai, kepala dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) "Ansari" tidak berada ditempat.

    Reporter  : Ade Irawan

    Editor       : Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad