• Breaking News

    Budidaya Kopi Intercropping di Polbangtan

    Foto : Ist

    Tanggamus, Kejarfakta.com - Kerjasama Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian dengan PISAgro semakin solid dengan turunnya Sustainability Agriculture Development & Procurement Director PT Nestle, Wisman Djaja mendampingi Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian dan Guru SMKPP Sembawa ke sentra budidaya kopi di Tanggamus, Lampung.

    Seperti dilansir dari Swadayaonline.com,  Wisma Djaja menyatakan siap membantu penerapan model pembelajaran teaching factory/ teaching farm di Polbangtan serta memperkuat kapasitas Dosen melalui magang di perusahaan di bawah PISAgro. Polbangtan memiliki lahan yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai nursery. Pembibitan yang dilakukan oleh PT Nestle melibatkan petani setempat dengan pendampingan yang intensif.

    Inneke Kusumawaty, Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan Pusdiktan, meminta Dosen dan Guru yang mengikuti kegiatan di Lampung ini untuk menyusun tindak lanjut kegiatan dan segera diterapkan di Polbangtan. Disepakati, Polbangtan Bogor akan melakukan persiapan lahan untuk budidaya kopi model intercropping dengan tanaman lada, alpukat, dan cabe. Demikian pula dengan Polbangtan Medan dan SMKPP Sembawa.

    Model intercropping ini merupakan diverfisikasi pertanian dengan menanam beberapa jenis tanaman dalam satu area lahan sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih kepada petani. ( red/*)



    No comments

    Post Top Ad