• Breaking News

    Dinsos Bengkulu Selatan Bakal Cetak Stiker Penanda Keluarga Miskin Penerima Bansos

    Sekretaris Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Lesni Despitasari, S.Sos

    Bengkulu Selatan, Kejarfakta.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan melalui Dinas Sosial (Dinsos) dalam waktu dekat ini bakal mencetak stiker penanda warga miskin penerima bantuan sosial (bansos). Hal ini untuk memudahkan para pendamping melakukan pendataan dan evaluasi penerima bansos.

    Sekaligus sebagai peringatan agar tidak terjadi penyelewengan bansos yang diterima warga. Sehingga bansos yang disalurkan benar-benar tepat sasaran.

    “Konsep dan formatnya sudah kita siapkan,” kata Sekretaris Dinsos Bengkulu Selatan, Lesmi Despitasari S.Sos.

    Ditambahkan Lesmi, sejauh ini, pihaknya sudah menerjunkan para pendamping untuk melakukan evaluasi atau penilaian terhadap penerima bansos. Diantaranya penerima progran keluarga harapan (PKH).

    Penilaian itu sendiri berkutat pada kriteria mandiri. Sehingga, ketika dijumpai warga yang sudah selayaknya mandiri, mereka dapat didorong agar segera keluar dan mengalihkan bantuan PKH itu kepada warga miskin lainnya.

    “Maka tujuan utama pembuatan stiker yang nantinya akan ditempel di dinding rumah warga adalah memudahkan dalam pendataan. Namun pada sisi lain, dengan adanya stiker itu, timbul kesadaran warga yang malu lantaran kondisi ekonomi saat ini sudah membaik,” terang Lesmi.

    Saat ditanya berapa jumlah stiker yang nantinya akan dicetak, Lesmi, belum memastikan berapa jumlahnya. Sejauh ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan para pihak pengambil kebijakan di Bengkulu Selatan guna merealisasikan program tersebut.

    “Saya berharap, setiap tahunnya terjadi angka penurunan penerima jumlah bantuan PKH dan lainnya,” pungkas Lesmi. (Asiun/MC BS)

    No comments

    Post Top Ad