• Breaking News

    Jejaki Ranah Minang, LP4M Darmajaya Jajaki Kerjasama PTN/PTS di Padang

    Kepala LP4M IIB Darmajaya Dr Ir Suhendro Yusuf Irianto MKom (tengah) dan Kapuslit IIB Darmajaya Yulmaini SKom MCs (ketiga dari kanan) bersama jajaran LP2M Universitas Andalas (Unand), dalam rangkaian visitasi penjajakan kerjasama program antara IIB Darmajaya dan 6 PTN/PTS di Sumatera Barat, 6-8 Februari 2019. Foto: Citra Ayu Santika | Humas IIB Darmajaya

    Bandar Lampung, Kejarfakta.com -- Kunjungan kerja, Kepala Lembaga Penelitian, Pengembangan Pembelajaran, dan Pengabdian Masyarakat (LP4M) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Dr Ir Suhendro Yusuf Irianto MKom, dan Kepala Pusat Penelitian Yulmaini SKom MCs ke 6 perguruan tinggi negeri dan swasta ternama di Kota Padang, Sumatera Barat, 6-8 Februari 2019 lalu, berbuah hasil.

    Anjangsana civitas Kampus Biru itu, menjajaki peluang emas kerjasama strategis dengan 6 PTN/PTS, yakni Universitas Andalas (Unand), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Tamansiswa, Universitas Bung Hatta, Universitas Dharma Andalas, dan Universitas Ekasakti.

    Dalam waktu dekat, progres kerjasama akan dituang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dilanjut Nota Perjanjian (Memorandum of Agreement/MoA) antara Darmajaya dengan ke-6 kampus mitra.

    Hal itu diekspos Kepala LP4M IIB Darmajaya Dr Ir Suhendro Yusuf Irianto MKom, Jum'at (15/2/2019), pekan lalu, mendampingi Rektor IIB Darmajaya Ir H Firmansyah Yunialfi Alfian MSc MBA.

    Dalam rilis yang diterima redaksi, Selasa (19/2/2019), Suhendro menaut program yang akan dikerjasamakan, meliputi kerjasama jurnal, penelitian bersama (joint research), joint conference nasional dan internasional, serta pembentukan pusat kajian.

    “Draf MoU-MoA tengah dipersiapkan. Inshaallah penandatanganan selesai Februari ini,” ungkap dia.
    Dia berharap, kerjasama bidang jurnal dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah. Menariknya, LP4M Darmajaya juga berencana akan membentuk pusat kajian Digital Tourism, Pengembangan Desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

    Kepala LP4M IIB Darmajaya Dr Ir Suhendro Yusuf Irianto MKom (keempat dari kanan) dan Kapuslit IIB Darmajaya Yulmaini SKom MCs (ketiga kiri) bersama jajaran LP2M Universitas Negeri Padang (UNP), dalam rangkaian visitasi penjajakan kerjasama program antara IIB Darmajaya dan 6 PTN/PTS di Sumatera Barat, 6-8 Februari 2019. Foto: Citra Ayu Santika | Humas IIB Darmajaya

    Khusus dengan kampus UNP, pihaknya membuka peluang kerjasama bidang e-learning. "UNP dan Darmajaya telah (sama-sama) menjalankan sistem e-learning. Kerjasama ini diharapkan berujung pada peningkatan kualitas pembelajaran," imbuh Suhendro.

    Diakuinya, selain menjajaki kerjasama, kunjungan kerja menjejaki kampus Ranah Minang sekaligus dimanfaatkan untuk mempelajari best practice manajemen dan tata kelola lembaga penelitian, khususnya Unand dan UNP.

    Secara pemeringkatan berbasis aspek, indikator, data Klasterisasi Perguruan Tinggi Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, status LP4M Darmajaya kini ialah Madya. Adapun, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unand berstatus Mandiri, LPPM UNP berstatus Utama.

    Sementara, Rektor IIB Darmajaya Ir H Firmansyah Y Alfian MBA MSc berujar, selain terus mendorong mahasiswa dan dosen kampusnya aktif kreatif menaja penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi, pihaknya berharap agar kerjasama terbangun ini akan berjalan sinergis, berpemajuan.

    “Mudah-mudahan melalui kerjasama  tersebut akan terbentuk sinergi dan kolaborasi yang dapat memajukan lembaga penelitian di perguruan tinggi masing-masing,” terang Ketua APTISI Lampung yang juga Dewan Pengawas Yayasan Desapolitan Indonesia (Desindo) ini. [red/mzl]

    No comments

    Post Top Ad