• Breaking News

    Keberadaan Gedung Baru di Puskesmas Batu Brak, Akan Lebih Memaksimalkan Pelayanan

    Keberadaan Gedung Baru Puskesmas Yang Baru di Batu Brak, Akan Lebih Memaksimalkan Pelayanan 

    Lampung Barat, Kejarfakta.com -- Dengan adanya gedung puskesmas yang baru di Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat (Lambar), sangat mempengaruhi dalam pelayanan, terhadap masyarakat.

    Hal terrsebut dijelaskan  Kepalaku Puskesmas Batu Brak David, ketika dikonfirmasi Kejarfakta.com (07/02/2019).

    “Penambahan anggota baru untuk saat ini, untuk PNS susah tetapi sesuai prosedur jika ada kekurangan kita minta kepada dinas daerah, misalkan tenaga untuk gizi, kesling belum ada, dokter juga mau pindah, kalo untuk PNS tergantung tenaga yang diberikan pemerintah daerah, tetapi untuk TKS tergantung kebutuhan, perawat sudah banyak, bidan juga udah banyak, tinggal pemanfaatannya lagi,” Kata David.

    Menurutnya, untuk keefektipan pelayanan tenaga yang ada di puskesmas memiliki standar pelayanan, soerti, untuk rawat jalan harus menjalani sekitar 144 diagnosa, untuk yang rawat inap yang  yang dapay dilayani,  tetapi jika tidak dapat maka akan di rujuk ke RSUD.

    “Karena, puskesmas ini peruntukannya sebagai pertolongan pertama, sehingga pasien dapat tertolong sebelum dirujuk ke RSUD, sekarang sudah cukup, kita juga meminta untuk mengadakan pelatihan-pelatihan, agar SDM mampu melayani pasien karena yang biasanya rawat jalan sekarang jadi rawat inap. Untuk bidan HCN, perawat BTCLS, secara standar sudah bisa melayani masyarakat,” imbuhnya.

    Ditambahkan David, perubahan yang jelas dengan adanya gedung baru ini pelayanan UGD jadi 24 jam,uUntuk administrasi tidak berubah secara signifikan, dan untuk pembayaran umum tetap memakai peraturan daerah,  kecuali yang memiliki kartu JKN, KES, ataupun asuransi.

    “Tenaga kerja sekitar 50 orang, untuk PNS sekitar lebih kurang 30 orang, selebihnya merupakan tenaga kerja (TKS),” pungkasnya.

    Reporter   :   Ade
    Editor       :   Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad