• Breaking News

    Kesenian Gambus, Warnai Malam Ramah Tamah Plt. Bupati Dengan Masyarakat Kecamatan Penengahan


    Kesenian Gambus Warnai Malam Ramah Tamah Plt. Bupati Dengan Masyarakat Kecamatan Penengahan

    Lampung Selatan, Kejarfakta.com -- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto menghadiri malam silaturahmi dan ramah tamah dengan masyarakat Kecamatan Penengahan, Senin (25/2/2019).

    Acara silaturahmi yang digelar di Lapangan Desa Klaten itu, diwarnai dengan penampilan kesenian tradisional gambus yang dibawakan Sanggar Mulan Muakhi asuhan Buchori KL.

    Pantauan tim ini, permainan alat musik gambus yang dibawakan beberapa personil orang tua-tua setempat, mendapat apresiasi dari Plt. Bupati dan para Kepala OPD serta ratusan masyarakat yang hadir malam itu.

    Meskipun usianya tak muda lagi, para pemain gambus itu terlihat bersemangat memainkan alat musik petik sejenis gitar itu. Sejumlah warga pun ikut larut naik keatas atas panggung untuk memberikan saweran sebagai bentuk apresiasi para pemain gambus tersebut.

    Plt. Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto yang hadir dalam kesempatan itu meminta kepada tokoh adat, dan tokoh masyarakat setempat untuk terus melestarikan kesenian maupun adat dan budaya yang ada di desanya.

    “Ini menjadi tantangan kita semua, terutama tokoh adat dan pemudanya. Jangan sampai kebudayaan kita tergerus oleh budaya-budaya dari luar,” kata Nanang.

    Dia mencontohkan, seperti halnya Tari Sigeh Pengunten atau Tari Sembah, budaya sekapur sirih (persembahan) yang terkadang diganti dengan permen bukan kapur sirih.

    “Seperti Tari Sembah seharusnya menggunakan kapur sirih bukan permen, karena sejarah budayanya pakai kapur sirih, ini contoh kecilnya yang sering dilupakan,” tandasnya. 

    Selain itu, dalam acara itu juga menampilkan Tari Muli Bekipas yang dibawakan para penari dari Sanggar Intan Binaan Ratu Mas Dalom Kesuma Ratu. (jusman/kmf)

    No comments

    Post Top Ad