• Breaking News

    Musrenbang RKPD Bengkulu Selatan Ajukan 87 Usulan, Ada 5 yang Menjadi Prioritas


    Bengkulu Selatan, Kejarfakta.com -- Musrenbang RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2019 Kecamatan Pino dilaksanakan di Pendopo Kantor Camat Pino, Kamis (21/2/2019). Musrenbang Kecamatan Pino dibuka oleh Asisten II Setda Bengkulu Selatan, Novman Ali, Kepala Bappeda Junior Hafis, Camat Pino Septi Afrida, Anggota DPRD Muhadjirin, perwakilan Polsek Pino, Danramil 408-01 Pino, Kepala Desa dan masyarakat Kecamatan Pino.

    Musrenbang Kecamatan Pino mengangkat tema Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan Guna Mendorong Akselerasi Pembangunan Daerah Menuju Bengkulu Selatan Emas.

    “Perencanaan seperti ini akan menghasilkan data yang mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan arahan yang terkandung dalam permendagri 86 tahun 2017,” kata Camat Pino Septi Afrida dalam sambutannya.


    Adapun agenda prioritas pembangunan Kabupaten Bengkulu Selatan untuk dijadikan daftar kegiatan prioritas di Kecamatan Pino Tahun 2020 yang dibahas pada Musrenbang RKPD ini adalah Infrastruktur, dari 87 usulan ada 5 yang menjadi prioritas yaitu, rehab jalan hotmix jalan raya Desa Ganjuh, pembuatan bendungan jalan bendungan selpa Desa Ganjuh, pembangunan jembatan gantung R4 Desa Batu Bandung, jalan Desa Suka Nanti menuju Desa Kota Bumi, jalan Desa Tanjung Eran menuju Desa Mandi Angin.

    Kepala Bappeda Junior Hafis,mengatakan, musrenbang kecamatan dilaksanakan dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Melalui forum ini akan menentukan kematangan dan kemantapan usulan kegiatan yang pada nantinya akan kami manfaatkan untuk penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah RKPD dalam mempersiapkan RKPD secara berkesinambungan dan terintegrasi.


    Ditambahkannya, dalam Musrenbang Kecamatan ini juga dibuka ruang komunikasi antar stakeholder (Pemerintah, Masyarakat) dalam penyusunan RKPD 2020.

    “Dengan tujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan di desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di kecamatan,” ujarnya.

    Sementara itu, Asisten II Sekretariat Bengkulu Selatan, Novman Ali, menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran di Kecamatan Pino yang telah melaksanakan Musrenbang dari tingkat Desa/Kelurahan se-Kecamatan Pino yang nantinya akan berlanjut ke tingkat Kabupaten Provinsi dan Nasional. “Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan amanah konstitusional dalam penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan daerah,” jelas Novman.

    Musrenbang digelar dalam rangka untuk mempercepat pertumbuhan dan dinamika pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat maka akan dilihat potensi-potensi yang akan dikembangkan terutama fasilitas umum dan infrastruktur dasar kebutuhan masyarakat. (*/Asiun)

    No comments

    Post Top Ad