• Breaking News

    Pemilu 2019 Potensi Chaos, Gabungan Advokat Hadirkan Adpril


    Jakarta, Kejarfakta.com -- Sebagai upaya mensukseskan pemilihan umum (pemilu) tanggal 17 April mendatang, puluhan advokat mendeklarasikan diri dalam organisasi bernama Advokat Independen Untuk Pemilu Jujur dan Adil (Adpril) di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (16/2/2019).

    Dalam acara deklarasi tersebut, salah seorang inisiator yang juga Dewan Penasehat Adpril, Hamdan Zoelva, mengatakan, kehadiran Adpril dilatar belakangi oleh informasi hukum yang simpang siur. “Adpril bertugas menciptakan pemilu yang jujur dan adil,” ujar Hamdan Zoelva dihadapan wartawan saat konferensi pers.


    Mantan ketua mahkamah konstitusi (MK) ini menambahkan bahwa melihat situasi terkini telah terjadi dua blok atau kubu dalam masyarakat yang sangat keras pemisahaannya jika dibiarkan bisa merusak proses demokrasi. “Nah, Adpril hadir sebagai penengah atas situasi tersebut. Adpril akan independent dalam menyikapi situasi yang ada," katanya.

    Hamdan mengutarakan cara kerja melihat kondisi dari sisi fakta dan hukum. Dalam kasus tertentu, Adpril akan selalu berada dalam posisi independent. “Oleh Karena itu, organisasi ini dibentuk sebagai wadah advokat professional independent yang akan meluruskan setiap informasi serta potensi-potensi pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara, peserta maupun masyarakat sesuai dengan hukum dan ketentuan perundang-undangan serta prinsip rule of law,” ungkap Hamdan.


    Sementara itu, salah seorang inisiator dan Dewan Penasehat Adpril lainnya, Muhammad Ismak menjelaskan jika pemilu tahun 2019 ini tidak hanya pemilihan presiden, juga ada pemilihan anggota legislatif. “Untuk menghadapi kondisi yang demikian, maka Adpril diharapkan mampu memberikan pembelajaran berdemokrasi bagi masyarakat,” ucapnya.

    Sedangkan, Andi Riza Fardiansyah selaku Koordinator Adpril menyampaikan Adpril dapat menjadi rujukan yang adil bagi masyarakat dengan memberikan informasi yang objektif dan tidak memihak. “Adapun keanggotaan dari Adpril sendiri yakni advokat yang tergabung dalam beberapa organisasi advokat,” ujar Andi.

    Dalam press release yang diterima oleh wartawan, deklarator Adpril terdiri dari 19 orang dengan Dr. Hamdan Zoelva, SH. MH, Muhammad Ismak, SH. MH, Dr. Junivert Girsang, SH.MH, dan Adv. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, SH. MH. CLA. CIL. CLI. CRA sebagai dewan penasehat. (FH/red)

    No comments

    Post Top Ad