• Breaking News

    Register 19 Marak Ilegal Logging Dinas Kehutanan Terkesan Tutup Mata


    Pesawaran, Kejarfakta.com -- Terkait maraknya Ilegal logging yang terjadi di hutan Kawasan Register 19 Wan Abdurahman di wilayah Kabupaten Pesawaran Ketua Gapoktan Molokh Lestari, Nasrin, kecewa terhadap kinerja Dinas Kehutanan Provinsi Lampung.

    Pasalnya dinas tersebut  terkesan tutup aata diduga telah melakukan pembiaran terhadap para pelaku ilegal logging. Hal itu di katakan Nasrin kepada sejumlah awak media, Selasa (26/02/2019).

    Menurutnya aksi pembalakan liar tersebut sudah  berlangsung sejak tahun 2015 sampai sekarang dan pembalakan tersebut terjadi hampir setiap malam, tetapi pelaku yang di tangkap hanya sebatas para pekerjanya saja.

    "Jujur mas saya selaku masyarakat dan juga sebagai ketua Gapoktan sangat kecewa dengan kinerja Dinas Kehutanan Propinsi Lampung khususnya polisi kehutanan, masa akrivitas ilegal logging yang terjadi dari tahun 2015 sampai sekarang hanya dapat menangkap pelaku yang kelas teri saja sedangkan para cukong dan mafia ilegal logging tidak dapat tersentuh dan terjerat oleh hukum," ungkap Nasrin.


    Ia juga mengatakan, bahwa kurangnya pengawasan yang di lakukan oleh Dinas Kehutanan, sehingga para pelaku ilegal logging di register 19 dapat leluasa melakukan pembalakan liar. "Bagaimana kegiatan ilegal logging di register 19 tidak merajalela kalau lemahnya pengawasan dari dinas terkait bahkan terkesan masa bodoh," jelasnya.

    Penangkapan oleh anggota polhut terhadap pelaku ilegal logging memang telah terjadi beberapa kali, namun para cukong dan oknum aparat yang diduga terlibat serta di siyalir telah membekingi kegiatan itu, tidak satupun yang terjerat hukum bahkan Ilega logging yang terjadi di hutan kawasan register 19 terkesan di lakukan secara terencana dan sistematis, sehingga sulit untuk di berantas oleh para penegak Hukum.

    "Jadi kegiatan ilega logging merupakan musuh bersama yang harus kita perangi, masyarakat tidak akan berani melakukan pembalakan liar apabila tidak ada beking dari oknum aparat. Maka apabila penangkapan hanya kelas terinya saja, saya yakin pembalakan liar sampai kapan pun tidak akan bisa di hentikan bahkan akan merajalela," kata Nasrin. (Yoga/red)

    No comments

    Post Top Ad