• Breaking News

    Relasi Sukseskan Pemilu Serentak 17 April 2019

    Relasi Sukseskan Pemilu Serentak 17 April 2019

    Lampung Barat, kejarfakta -- Dalam rangka mensukseskan perdana pemilu serentak, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), membentuk satuan kerja yang dinamai, Relawan Demokrasi Indonesia (Relasi).

    Satuan ini merupakan, satuan yang berkedudukan sebagai, kepanjangan tangan dari KPU, yang bertugas untuk mensukseskan tahapan agenda pemilu yang berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

    Satuan Relasi ini, berjumlah 55 anggota mencakup seluruh Wilayah kabupaten, dari 14 kecamatn yang ada, Relasi bertugas memberikan sosialisasi, pemahaman serta pendidikan kepada calon pemilih, agar pemilih, bisa menggunakan hak pilih nya dengan cerdas sesuai hati nurani dan menghasilkan pemimpin rakyat yang cerdas amanah mampu mengayomi serta mengemban keluh kesah masyarakat.



    Relasi Sukseskan Pemilu Serentak 17 April 2019

    Dalam penyelenggaraannya, harus berprinsip, mandiri, jujur, adil, dan berkepastian secara hukum.

    Relasi memiliki 11 item basis, yakni diantara nya pemilih keluarga,pemula, muda,perempuan, penyandang disabilitas,berkebutuhan, khusus,marjinal,komunitas, keagamaan,dan netizen.

    Dalam menjalankan tugasnya, Relasi wajib memberikan pemahan tentang pemilu secara komperhensif, baik dari tanggal hari dan jam pemungutan suara, tata cara pemberian suara, serta pengenalan peserta pemilu diantaranya, president, partai politik dan DPD.


    Relasi Sukseskan Pemilu Serentak 17 April 2019

    Pasalnya, pada pemilu serentak untuk tahun ini yakni, 5 kertas suara yang harus dipilih oleh Daftar Pemilih Tetap (DPT), diantraa nya Hijau (DPRD kab/kota) Biru (DPRD Provinsi) Kuning(DPR-RI) Merah (DPD-RI) dan Abu abu (Presiden/Wakil President).

    “Saya berharap masyarakat, tidak lagi bingung akan masalah tata cara dalam memberikan hak pilihnya, sebab setiap kecamatan ada anggota Relasi yang Bertugas memberikan tata cara pemberian suara, baik dari simulasi pemilihan, ataupun alat bantu yang digunakan ya itu secara visual dan non visual jadi lengkap "Ucapnya salah satu anggota Relasi, bakhu  Feby Natawijaya  Senin (04/01/2019).

    “Dengan adanya petugas (Relasi), berkeliling seperti ini ini sangat membantu khususnya para orang tua seperti kami, apalagi untuk tahun ini, ada 5 kertas suara yang harus dipilih dengan 5 warna yang berdeda, itu membuat kami tidak paham, dan bingung, "ujarnya", Nuryani (46) warga luas, kecamatan Batu Ketulis,” pungkasnya

    Reporter     :   Ade Irawan
    Editor         :   Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad