• Breaking News

    Revitalisasi Sijuk Heritage Sebagai Destinasi Pariwisata Pulau Belitung

    Bupati Belitung H. Sahani Saleh (kiri) Dekan UI Adrianus L.G Waworuntu dan Staf Ahli Kemenpar Esthy Astuty. Sabtu (23/2/2019) Foto:Edo.

    Belitung, Sijuk, Kejarfakta.com - Dalam rangka pengembangan peranan multikultur sebagai atraksi pariwisata Kabupaten Belitung, Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, kedatangan rombongan dari Kementerian Pariwisata Bidang Multikultur dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Sabtu (23/2/19) siang.

    Rombongan Staf Kemenpar dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI didampingi langsung oleh Bupati Belitung H.Sahani Saleh (Sanem) dan Wakil Bupati Isyak Maeirobi, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Babel, Kadin Pariwisata Kabupaten Belitung, Camat Sijuk, dan Kades Sijuk. Setibanya di rumah kediaman Ibu Dian yang juga pemilik salah satu Rumah Sijuk Heritage di jalan penghulu sijuk langsung disambut tarian selamat datang binaan US Comunnity yang diketuai Riegi.

    Dalam hal ini Kementerian Pariwisata Bidang Multikultur dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia bersama komunitas masyarakat Sijuk (USC/Urang Sijok Comunnity) mengadakan kegiatan Revitalisasi Sijuk Heritage sebagai Destinasi Pariwisata Pulau Belitung.

    Bupati Belitung Sahani Saleh, Staf Ahli Kemenpar dan Dekan UI,Sabtu (23/2/2019).

    Bupati Belitung H. Sahani Saleh (Sanem) dalam sambutannya mengatakan, sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut. Dan dirinya berharap nilai-nilai budaya yang ada di desa Sijuk tetap terjaga dan ditingkatkan lagi promosinya.

    Revitalisasi ini bertujuan untuk menghidupkan kembali rumah atau bangunan lama milik masyarakat dengan melakukan pengecatan ulang. Selain itu, dalam hal ini juga PT. PROPAN (The Paint Spesialist) memberikan bantuan secara simbolis kepada pemerintah Desa Sijuk berupa cat dan alat perlengkapannya. PT. PROPAN juga akan memberikan pelatihan kepada US Community dan anggota masyarakat sebagai pelaksana kegiatan tentang cara dan teknik dalam pengecatan yg rencana akan dimulai pada bulan Maret 2019 mendatang.

    Staf Ahli Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan potensi budayanya Sijuk sangat luar biasa, nilai-nilai potensi yang ada harus dikembangkan lagi agar bisa bermanfaat bagi masyarakat dan memacu pariwisata.

    Bupati Belitung Sahani Saleh bersama anak-anak tari binaan US Comunnity, Sijuk. Sabtu (23/2/2019) Foto:Edo.

    "Sijuk ini potensi budayanya sangat luar biasa, tapi kita harus sadar yang tadinya potensi ini sangat tinggi, tapi juga harus dikembangkan. Kalau hanya potensi saja tidak kita promosikan, tidak kita tawarkan, tentunya tidak akan bermanfaat buat masyarakat. Jadi kami dari pariwisata dan pak menteri selalu menyampaikan Babel atraksi juga harus dikemas karena potensi yang sangat besar itu adalah potensi budayanya. Karena potensi budayanya Sijuk ini sangat luar biasa," ungkap Esthy Astuty.

    Dekan UI Adrianus L.G Wawuruntu menuturkan pentinganya kerjasama antar komponen untuk memacu kemajuan pariwisata.

    "Mudah-mudahan berkenan, dan mudah-mudahan kita bisa jadikan moment ini karena seperti yang kita tahu sebelumnya memang selalu harusnya berkaitan kerjasama antar dunia pemerintah, akademisi, bisnis, komunitas, dan juga pers," pungkasnya. (Edo/Marsidi).

    No comments

    Post Top Ad