• Breaking News

    10 Tahun Setifikat tak Keluar, Kades Tirta Kencana Dianggap Lalai

    Fhoto Ilustrasi Net

    Tulang Bawang Barat, Kejarfakta.com -- Tidak keluarnya sertifikat tanah yang di ajukan warga Desa Tiyuh Tuirta Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tenngah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), yang diajukan melalui Program SMS tahun 2009 silam perangkat desa diminta bertanggung jawab.

    Pasalnya, pengajuan pembuatan sertifikat melalui program itu melalui perangkat Desa Tiyuh Tirta Kencana diantaranya Sekretaris Desa (Sekdes) dan Kepala Desa (Kades) setempat.

    Menurut, warga sertifikat yang hingga kini tak kunjung keluar itu berjumlah 108 buku sertifikat, dan pada tahun pengajuan itu warga dimintai dana yang bervariasi yaitu sebesar Rp700 ribu hingga 1 juta rupiah per warga.

    “Dan uangnya sudah kami serahkan kepada aparatur desa apabila 108 buku dikalikan Rp750.000  maka hasilnya Rp81000.000, Itu kalau kita kaliakan rata rata 750.000, sedangkan penarikan dana tersebut, ada yang Rp700 ribu ada yang Rp800 ribu bahkan ada yang 1juta,” ujar warga yang enggan disebutkan amanya.

    Menurut warga, merupakan hal yang wajar jika warga merasa kesal sebab, telah hamper 10 tahun warga menunggu terealisasinya sertifikat itu.

    “Wajarkan kalau kami kesal udah hampir 10 tahun kenapa punya orang lain bisa keluar kok punya kami tidak,” ucapnya.

    Warga mjuga mengatakan pihaknya pernah menanyakan hal itu kepada Kades Samidi, bahkan pernah di gelar rapat, terkait permasalahan itu.
    Namun Kades yang hobi memancing tersebut dengan entengnya menjawab “ sabar lagi di urus,” kata Samidi dengan singkat.

    Dengan begitu warga merasa semakin di kecewakan seraya berharap, kepada pihak-pihak terkait untuk mengusut dan membantu mengeluarkan sertifikat warga tersebut.

    “Kami minta pertanggung jawaban kami sudah sangat sabar dan secara tidak langsung kami meras telah di bohongi dan kades itu kami anggap lalai dalam menjalankan tugas,” ujar warga.

    Reporter  :   A.Terpilih
    Editor      :   Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad