• Breaking News

    Bawaslu Mesuji Gelar Rakor Penyelesaian Sengketa


    Mesuji, Kejarfakta.com -- Guna memantapkan kesiapan Pengawas Pemilu dalam pelaksanaan fungsi penindakan pelanggaran terhadap pemilihan umum DPR, DPD, DPRD serta pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019, Bawaslu Mesuji menggelar rapat koordinasi penyelesaian sengketa bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Mesuji pada pemilihan umum tahun 2019.

    Rakor ini dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Provinsi Lampung, Hermansyah SH.,MH., dan diikuti oleh ketua Bawaslu Mesuji Apri Susanto S.Pd., Komisioner Bawaslu Mesuji Bambang Wahyudi SH. I , Imron Tolib, ST., serta 21 komisioner Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Mesuji.

    Tingkatkan kapasitas pengetahuan terkait penyelesaian sengketa pemilu, Bawaslu Mesuji Adakan Rakor.

    Rakor kali ini digelar di Hotel Lee Man Unit 2 Tulang Bawang dan dijadwalkan selama dua hari, Sabtu (09/03/19) sampai Minggu (10/03/19).


    Bambang Wahyudi, dalam pembukaannya mengatakan, bahwa maksud dan tujuan diadakannya rakor ini adalah untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman terkait prosedur dalam proses penyelesaian sengketa di tingkat Kecamatan, demi mewujudkan pengawasan pemilu yang berkualitas dan Berintegritas sebagaimana amanat peraturan perundang - undangan.

    "Diadakannya rakor kali ini supaya Panwaslu Kecamatan di Kecamatan masing - masing dapat lebih memahami dan mengerti terkait prosedur dan proses penanganan sengketa pemilu di tingkat kecamatan, Sebagaimana mekanisme peraturan perundang-undangan dan prosedur yang ditetapkan berdasarkan peraturan bawaslu," ujar Bambang.


    Bambang juga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah yang dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai penyelesaian sengketa pemilu sebab tidak menutup kemungkinan akan ada permasalahan dalam tahapan pemilu.

    Ia juga mengatakan, bahwa keputusan yang bersifat final dan mengikat diberikan kepada Bawaslu oleh undang - undang dalam rangka mengakhiri sengketa pemilu sehingga akan menunjukkan peran Bawaslu sebagai satu kesatuan fungsi penyelenggaraan pemilu.

    "Di sinilah fungsi dan wewenang Panwas dalam melakukan pengawasan yang diwujudkan dengan suatu kegiatan yang dapat menjamin tercapainya tujuan pemilu oleh penyelenggara pemilu yaitu pemilu yang demokratis berkualitas dan sesuai dengan asas nya. hal tersebut salah satunya diwujudkan dengan adanya kewenangan penyelesaian sengketa pemilu," ungkapnya. (Rama/red)

    No comments

    Post Top Ad