• Breaking News

    Dibalik Krisisnya Hutan, Selain Lada Warga Juga Tanam Pohon Gaharu

    Pekerja kebun lada dan pohon kepang milik Paizal di Desa Limbungan. Rabu (6/3/2019), Foto: Amzani.

    Belitung Timur, Kejarfakta.com -- Dibalik krisisnya hutan ternyata ketekunan salah satu warga ini, membuat kita tergerak untuk memanfaatkan hutan. Selain bertanam lada, ia juga menyempatkan bertanam pohon kepang (Gaharu).

    Dikaki gunung lumut disekitar wisata geopark gunung lumut yang terletak di Desa Limbungan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), salah satu warga desa setempat, selain bertanam lada juga memiliki kesadaran untuk memanfaatkan menanam pohon kepang.

    Padahal seperti kita ketahui gaharu saat ini sangat sulit didapat, akibat pembabatan hutan untuk perkebunan kelapa sawit maupun pertambangan.

    Pohon Gaharu yang ditanam warga desa Limbungan diantara tanaman lada tampak subur. Rabu (6/3/2019). Foto: Amzani.

    Pantauan wartawan, Rabu (6/3/2019) siang, tampak hamparan kebun lada yang membentang ternyata disela-sela tanaman lada tersebut tumbuh subur tanaman kepang yang biasa disebut pohon gaharu, dengan tinggi kurang lebih tiga meter.

    Sebut saja, Rapaizal atau biasa disapa Paizal kepada wartawan menuturkan, awal mula dirinya menanam pohon kepang (Gaharu) tersebut tiga ribu pohon namun yang hidup ada seribu pohon.

    "Sebelumnya bibit pohon kepang (Gaharu) ini memang dapat bantuan dari UPTD Kehutanan Gunung Duren. Semula pohon kepang yang saya tanam sekitar tiga ribu pohon sedangkan yang hidup kurang lebih seribu pohon," kata pai, pemilik kebun.
    Dikaatakan Pai, pohon kepang (Gaharu), mulai ditanam pada tahun 2016.

    Ketekunan warga desa limbungan ini, dan kreatifnya patut diapresiasi. Selain memiliki lima belas ribu tanaman lada ternyata dirinya juga menyempatkan menanam pohon yang terbilang saat ini hampir punah keberadaannya. (Amzani/Marsidi/red).

    No comments

    Post Top Ad