• Breaking News

    Diduga Merambah Hutan, Kades Limbungan Laporkan Warganya

    Lampiran Surat Laporan Kades 

    Belitung Timur, Kejarfakta.com -- Pembukaan lahan perkebunan oleh warga Desa Limbungan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) baru-baru ini, dianggap oleh Kepala Desa (Kades ) Japari sebagai kegiatan perambahan hutan.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun, dan berdasarkan lampiran surat tembusan yang diterima BPD Desa Limbungan, Jum'at (8/3/2019), tertulis pembukaan lahan  atau perambahan hutan tersebut, tidak memiliki izin dan tanpa sepengetahuan Pemerintah Desa setempat.

    Terkait kebenaran ihwal  adanya pelaporan oleh Kades setempat,  warga Dusun 1 Desa Limbungan HZ (55), membenarkan bahkan hal tersebut membuat dirinya terkejut dan terheran.

    "Ya benar pak, kata HZ dan terus terang saya merasa heran menyikapi laporan tersebut. Setahu saya, lahan yang saya buka untuk perkebunan itu bukan hutan kawasan. Dan itu sudah diketahui oleh Kades yang lama pada tahun 2014, berdasarkan SK kelompok," kata HZ Sabtu (9/3/2019)

    Menurut HZ dibukanya  Lahan tersebut bukan untuk dirinya pribadi, dan bukan hanya dirinya yang lekaukan pembukaan lahan itu melaikan banyak warga ikut serta melakukannya. 

    "Jadi, saya heran dalam hal ini yang dimaksud perambahan hutan itu seperti apa. Sedangkan alat yang digunakan itu kami bayar patungan ramai-ramai, dan masih ngutang. Terus kami tidak mungkin membuka lahan tersebut dengan cara membakar karena itu jelas pelanggaran, jika membuka lahan dengan membakar. Makanya kami berusaha semaksimal mungkin ramai-ramai patungan untuk menyewa alat," ujar HZ.

    Dalam hal ini HZ bersama warga yang lain merasa dirugikan seolah-olah pihaknya melakukan perambahan hutan. selain itu pihak Kades tidak memberitahukan terlebih dahulu sebelumnya melakukan pemanggilan tiba-tiba menerima surat tembusan BPD.

    Hingga berita ini dinaikkan belum ada tanggapan dari Kades Limbungan, Kecamatan Gantung, Beltim. 

    Reporter  :  Marsidi/Amzani
    Editor      :  Ahsannuri

    1 comment:

    1. Ini contoh Kades yang tidak boleh dicontoh, seharusnya seorang Kades sudah menjadi tanggung jawabnya utk mengayomi dan melindungi masyarakatnya. Tp ini malah melaporkan masyarakatnya. Jangan salahkan masyarakat pak, kalau anda dibalik laporkan, atas pencemaran nama baik kalau laporan bapak tidak terbukti

      ReplyDelete

    Post Top Ad