• Breaking News

    DPRD Way Kanan Gelar Paripurna Istimewa HUT Lampung ke-55


    Way Kanan, Kejarfakta.com -- Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Way Kanan, dalam rangka memperingati Harin Jadi Ke-55 Provinsi Lampung di ruang rapat utama DPRD Way Kanan Senin (18/03/2019).

    Sambutan Gubernur M. Ridho Ficardo Yang dibacakan Bupati Raden Adipati Surya Puji syukur ke hadirat Allah SWT – Tuhan YME, atas rahmat dan karunia-Nya kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk dapat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Lampung, dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Lampung yang ke-55 Tahun 2019 ini.

    Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya secara Pribadi dan sebagai Gubernur Lampung beserta segenap unsur pemerintah daerah, mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Para Sesepuh, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Para Pejuang dan Pendiri Provinsi Lampung, Para Gubernur dan Wakil Gubernur periode sebelumnya beserta keluarga, yang telah mencurahkan segenap perhatian, pikiran dan perbuatan, demi kemajuan Provinsi yang sama sama kita cintai ini.

    Semoga niat dan amal baik mereka mendapatkan ganjaran yang terbaik disisi Allah SWT, dan semoga kita semua dapat meneruskan dan mengemban amanah mereka untuk terus menerus bertekad dan berbuat untuk melanjutkan cita cita perjuangan mereka dalam rangka memajukan Provinsi Lampung yang kita cintai ini.

    Pada kesempatan yang baik ini pula, Saya ingin mengapresiasi jajaran pemerintahan provinsi   dan   kabupaten/kota  yang selama ini telah bekerja keras dan membangun sinergi yang kuat, sehingga Provinsi Lampung dapat berhasil meraih berbagai capaian pembangunan secara   positif. 

    Beberapa hasil kerjakeras selama ini antara lain ditandai dengan angka pertumbuhan ekonomi yang terus tumbuh secara positif bahkan melebihi capaian secara nasional. Pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung tahun 2018 mencapai 5,25%, yang selalu lebih tinggi dari capaian rata-rata sumatera yang mencapai 4,72%, serta lebih tinggi dari capaian nasional yang mencapai 5,17% pada periode yang sama.

    Pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung ini juga sejalan dengan lompatan peningkatan daya saing Provinsi Lampung, yang berdasar kajian    The Asia   Competitiveness    Institute Singapura meningkat tajam dari peringkat 25 di tahun 2014 menjadi peringkat ke 12 dari 34 Provinsi di Indonesia pada tahun 2018.

    Capaian tersebut juga didukung oleh keberhasilan di bidang Trantibnas  dengan  diterimanya  penghargaan penanganan konflik sosial terbaik tingkat nasional pada tahun 2016 dan 2017 lalu.
    Selain itu, persentase penduduk miskin Provinsi Lampung juga dapat terus diturunkan. Jika pada tahun 2014 prosentase penduduk miskin kita mencapai 14,21 % maka tahun 2018  angka  tersebut dapat diturunkan menjadi 13,01 % atau sebesar 1,091 juta jiwa. Namun demikian harus kita akui bahwa capaian ini masih jauh dari capaian nasional yang sudah mencapai satu digit yaitu sebesar 9,66%.

    Oleh karena itu pada tahun 2019 ini kami akan berupaya untuk bisa menurunkannya   lagi sebesar 0,8 % menjadi 12,36 %, dan kedepan diharapkan dapat terus ditekan prosentase kemiskinan menjadi “satu digit”, untuk mengejar ketertinggalan dengan target dan capaian nasional. (Yasir/red)

    No comments

    Post Top Ad