• Breaking News

    Gelar Rakor Pekon Fajar Mulia Prioritaskan Gedung Olahraga


    Pringsewu, Kejarfakta.com -- Sebagaimana yang telah diatur di dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 114 tahun 2014, tentang Pedoman Pembangunan Desa, disebutkan bahwa Perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Desa dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa.

    Musrenbang desa adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil Musyawarah Dusun (Musdus). Hasil dari musrenbang desa akan diusulkan di tingkat Kecamatan.

    Tujuan umum pelaksanaan kegiatan musrenbang desa yaitu mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

    Untuk menindak lanjuti hal tersebut diatas, pada hari Rabu (06/02/2019). Pekon Fajar Mulia, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu,mengundang segenap elemen yaitu, unsur Muspika, BHP, Pendamping Desa dan aparatur pekon serta segenap lapisan masyarakat dari berbagai kalangan di pekon setempat.

    Dalam proses pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Pekon Fajar Mulia untuk tahun 2019 di buka oleh Camat Pagelaran Utara Rohadan SE., yang diwakili Sekcam Pagelaran Utara Drs Hartoyo, MM., berlangsung dengan khidmat.


    Dalam pembukaan sekcam berharap, kepada masyarakat untuk bisa berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan pekon. “ Sebagai warga masyarakat pekon, Bapak/Ibu sekalian harus aktif mengusulkan dan memantau pelaksanaan pembangunan di pekon agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” ucap Sekcam.

    Kepala Pekon Fajar Mulia Sukoco dalam sambutannya mengungkapkan, setidaknya terdapat dua dasar pemikiran diselenggarakannya musrenbangdes ini. Yang pertama, kegiatan Musrenbangdes merupakan amanah dari Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Dan kemudian dasar pemikiran yang kedua, ini ditempuh seiring dengan visi dan misi Pekon Fajar Mulia menuju Pekon yang Bersinar.

    Sedang digelarnya Musrenbangdes ini, merupakan bagian dari menindaklanjuti hasil Musdus dan Musdes yang telah dilaksanakan sebelumnya, untuk Kegiatan kali ini dimulai dengan tahapan penggalian gagasan melalui Musyawarah Dusun (Musdus) yang dilaksanakan di tiap-tiap Dusun yang ada di pekon dan hasil dari penggalian gagasan ditingkat Dusun juga turut diuraikan sebagai bahan Musrenbang ditingkat pekon seperti yang saat ini kita laksanakan," ujarnya.

    Pada kegiatan Musrenbang kali ini, berdasarkan hasil pengusulan masyarakat tingkat Dusun yaitu, akan memprioritaskan pembangunan gedung sarana olah raga (GOR) yang nantinya akan di anggarkan dari dana Desa 2019. Selain itu, pembangunan fisik yang belum terselesaikan mengingat keterbatasan anggaran.

    “Kami Pekon Fajar Mulia akan melanjutkan kembali pekerjaan yang tertunda tersebut, mengingat visi misi pekon selalu terfokus mengacu pada tingkat kebutuhan masyarakat baik itu sarana jalan dan pemberdayaan serta lain sebagainya,” ungkap Sukuco. (Rzl/red)

    No comments

    Post Top Ad