• Breaking News

    Hasil Survei CSIS: Jokowi-Ma'ruf Masih Ungguli Prabowo-Sandi


    Jakarta, Kejarfakta.com -- Center for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei elektabilitas Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjelang Pilpres 2019. Hasilnya, Jokowi unggul dari Prabowo dengan selisih 18 persen.

    Survei tersebut dilakukan CSIS pada periode 15-22 Maret 2019 menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 1.960 responden yang dipilih secara acak bertingkat mewakili 34 provinsi. Margin of error survei ini kurang-lebih minus 2,21 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

    Hasil survei CSIS ini merekam pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan elektabilitas mencapai 51,4 persen. Adapun Prabowo-Sandi mendapat elektabilitas sebesar 33,3 persen, sementara yang tidak menjawab ada 14,1 persen. Ada juga yang belum menentukan pilihan sebanyak 1,2 persen.

    Rentang elektabilitas pasangan berkisar 49,19-53,16 persen untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf, sedangkan Prabowo-Sandiaga di kisaran 31,09-35,51 persen.

    Arya Fernandes peneliti dari CSIS mengatakan, survei tingkat kemantapan pemilih kepada dua pasangan calon sebesar 84,4 persen mengaku sangat mantap memilih Jokowi, sedangkan pemilih Prabowo-Sandiaga mengaku mantap ada 81,3 persen.

    "Tingkat kemantapan pilihan pemilih sudah cukup tinggi. Migrasi pemilih antar-calon diprediksi tidak akan banyak terjadi. Pada masing-masing calon, tingkat loyalitas memilih sudah di atas angkat 80 persen. Tingkat kemantapan pemilih Jokowi-Ma'ruf sebesar 84,4 persen, sementara kemantapan pilihan Prabowo-Sandiaga sebesar 81,3 persen," ucap Arya Fernandes, saat memaparkan hasil survei di Hotel Fairmont, Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan, Kamis (28/03/19). (*/Ade/Red)

    No comments

    Post Top Ad