• Breaking News

    Hearing dengan Dinas TPHP Terkait Kelangkaan Pupuk

    Way Kanan, Kejarfakta.com -- Komisi II DPRD Way Kanan gelar hearing dengar pendapat dengan Dinas  TPHP  terkait adanya keluhan masyarakat petani di Way Kanan soal kelangkaan pupuk bersubsidi, Kamis (07/02/2019).

    Menurut Ketua Komisi II Azis Muslim, kita hanya menampung aspirasi masyarakat yang  dari sejak tahun 2018 sulit sekali mendapatkan pupuk bersubsidi, berdasarkan keluhan dari masyarakat yang tergabung di kelompok tani.

    “Kami juga mendapat laporan dari masyarakat dan kepala kampung di kecamatan Pakuan ratu,  bahwa kelompok tani tidak kebagian pupuk urea bersubsidi, bahkan data yang masuk di kelomppk tani pupuk yang di distribusikan 2018 sekitar 200 ton,” ujarnya.

    Selanjutnya, Danuri Anggota Komisi II menambahkan agar dalam penyaluran pupuk dinas harus memiliki data yang valid terhadap kelompok tani penerima pupuk subsidi, sehingga semuanya jelas.

    Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikutura dan peternakan (TPHP) Kabupaten Way Kanan, Ir. Maulana, membantah adanya manipulasi data dalam penyusunan Rencana Definitip Kebutuhan Kelompok (RDKK ) bahwa jumlah pupuk bersubsidi yang disalurkan sesuai dengan usulan masing masing kelompok tani.

    Dengan kelangkaan pupuk subsidi menurut dia selama ini dikarenakan jumlah pupuk  subsidi yang tersalur terkadang hanya 30 persen dari total usulan yang ada dalam RDKK.

    “Terkadang dalam pengisian RDKK sering salah prediksi kebutuhan misalnya dalam RDKK kebutuhan Bulan Mei ternyata tidak ditebus kelompok dan baru mau menebus bulan berikutnya sehingga pupuk tak lagi tersedia." Jelas Maulana.

    Hadir dalam hearing tersebut Ketua Komisi II Aziz Muslim, beserta anggota Danuri, Maharatu, Djoni, sholihul hadi, Kepala Dinas TPHP Maulana, dan Kepala UPT Pertanian Kecamatan se Way kanan. (Yasir/red)

    No comments

    Post Top Ad