• Breaking News

    HMI Komisariat Tanah Bumbu Gelar Dialog Publik Pengelolaan Sumber Daya Alam


    Banjarmasin, Kejarfakta.com -- Melalui Dialog Publik Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Tanah Bumbu  mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya yang ada di "Bumi Bersujud" untuk ikut andil dalam proses pengawalan dalam pengelolaan Sumber Daya Alam.

    Kegiatan yang diselenggarakan kamis 7 Maret 2019 bertempat di Hotel Ebony Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, dibuka Bupati Kabupaten Tanah Bumbu yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Pemda Kabupaten Tanah Bumbu, Andi Aminudin, menyampaikan salam permohonan maaf karena tidak bisa berhadir ditengah kegiatan Dialog Publik yang diselenggarakan oleh HMI

    Ia menyamampaikan sambutan Bupati "kami sangat mengapresiasi kegiatan Dialog publik yang diselenggarakan oleh HMI Komisariat Tanah Bumbu, Karena Pemuda adalah Agent Of change yang akan terus berkembang dan belajar yang tentunya akan membawa dampak perubahan terhadap pembangunan"

    Teguh Gunawan Selaku Ketua Umum HMI Komisariat Tanah Bumbu mengatakan dengan mengangkat tema "Implementasi Solusi Kongkrit Pengelolaan Sumber daya Alam Kab.Tanah Bumbu untuk kesejahteraan masyarakat", harapannya melalui kegiatan ini ada keterbukaan oleh seluruh element yang terlibat dialog mengenai permasalahan permasalahan pengelolaan SDA, sehingga dapat melahirkan solusi solusi kongrit untuk optimalisasi pengelolaan Sumber Daya Alam yang berdampak positif tentunya kepada rakyat khususnya dalam hal peningkatan kesejahtraan.

    Sebagaimana bunyi pasal 33 UUD 1945  ayat (3) menyebutkan ; Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.


    Peserta yang hadir sebanyak 120 orang terdiri dari beragam organisasi Mahasiswa dan kepemudaan, GP Ansor, KNPI, Pemuda Pancasila, Pemuda Pecinta Alam, PC GMNI, PC PMII, PC IMM, Himpunan Mahasiswa jurusan disemua jurusan Politeknik Batulicin, HMJ Stikes semua jurusan, HMJ Stit Ispini Tanah Bumbu, BEM Politeknik, BEM stikes Darul Azhar, BEM STIT Ispini, Para Pengurus OSIS disekitar Kecamatan Simpang 4, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Kusan Hilir

    Kegiatan dialog publik HMI Tanah Bumbu dipandu oleh Moderator Arisandi Hidayatullah yang melibatkan narasumber dari pemerintah daerah sebagai pemangku kebijakan pengelolaan SDA yang diwakili Didi Ali Hamidi Kabag Ekonomi Kab.Tanah Bumbu dengan Sub tema Ekonomi sumber daya alam dalam konteks pembangunan berkelanjutan.

    Swasta yang dibawakan langsung oleh Ketua Forum CSR Tanah Bumbu H. Andi Rudi Latif SH dengan sub tema Peran kongkrit swasta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
    dari akademisi diwakili oleh Suwandi Hidayat, ST, M.Kom, M.Pd dengan subtema yang diberikan panitia Meningkatkan Partisipasi publik dalam pengelolaan sumber daya alam untuk pembangunan daerah tepat sasaran.

    Selain itu HMI juga meminta kepada perusahaan yang terlibat dalam pengelolaan SDA di Tanah Bumbu agar dapat lebih memperhatikan permasalahan permasalahan dalam proses pengelolaan SDA sehingga dampak kerusakan lingkungan ataupun dampak sosial lainnya dapat terminimalisir keberadaanya. Serta dapat dilahirkan regulasi regulasi pengelolaan SDA dari pemerintah yang memberikan dampak kongkrit kesejahtraan masyarakat. (Sandjaya/red)

    No comments

    Post Top Ad