• Breaking News

    Ketua DPRD Lambar : Komunitas Burung Berperan Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan


    Lampung Barat, Kejarfakta.com -- Ratusan kontestan dari berbagai kecamatan di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), dan peserta dari luar daerah ikut meramaikan lomba dan pameran burung berkicau, oleh Bintang Tebu CB Cup I, dibawah binaan Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom., dihalaman kantor Kecamatan Kebun Tebu, Sabtu (16/3/2019).

    Menarik, pada contes burung kali ini, bukan saja menampilkan burung jenis murai, kacer, lovebird, pleci melainkan disajikan juga contes burung kutiang mania, sehingga membuat swasana setempat menjelma bak kebun binatang, merdu kicau burung "bernyanyi" saling bersautan mewarnai suasana dilingkungan itu.


    Edi Novial mengatakan, contes burung tersebut bukan sekadar ajang perlombaan saja. Melainkan juga bentuk dorongan untuk menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan ditengah masyarakat maupun dilingkup para pencinta burung khususnya.

    "Dengan bayaknya komunitas burung, tentunya banyak juga penjual kebutuhan pememiliharaan burung seperti pakan dan lainnya, begitu juga yang menekuni (kerajinan) pembuatan sangkar burung hingga mampu menodorong tumbuh kembangnya ekonomi warga," ungkapnya.

    Selain dari itu contes burung sebagai sarana ajakan bersama menyelamatkan satwa jenis burung langka yang habitatnya terus terancam akibat perkembangan zaman. Dan tempat memeromosikan potensi wisata yang ada di bumi beguai jejama sai betik kepada masyarakat luar.

    "Para pencinta burung juga menjadi sumber informasi, karena hobi tersebut beriringan dengan hobi pikat burung dialam terbuka. Mereka kendati menginformasikan tentang kondisi hutan dan potensi-potensi wisata yang belum tergali" jelasnya. (*)

    No comments

    Post Top Ad