• Breaking News

    Mahasiswa KKN Saburai Bantu Warga Bentuk Koperasi Berbadan Hukum


    Pringsewu, Kejarfakta.com -- Sejumlah mahasiswa Universitas Saburai Lampung menjalani Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di pekon Wates Selatan Kabupaten Pringsewu. Dalam program KKN tersebut, para mahasiswa membantu masyarakat salah satunya yang dilakukan kelompok lima membantu pengajuan bantuan bagi wirausaha pemula dan pembentukan koprasi simpan pinjam.

    Dosen Pembimbing Lapangan Yuli Purwanti mengatakan, program kerja ini merupakan program unggulan Kelompok lima yang disusun berdasarkan Lokakarya desa pada tanggal 10/2/2019 yang lalu.

    Menurutnya pembentukan Koprasi simpan pinjam ini terlihami dari usaha simpan pinjam yang dilakukan oleh kelompok Dasa Wisma Pekon Wates Selatan yang telah berjalan sejak tahun 1982 silam.

    “program kerja ini merupakan program kerja unggulan mahasiswa KKN kelompok lima, kemudian disusun berdasarkan Lokakarya desa pada tanggal 10/2/2019 yang lalu, itu diilhami dari koprasi simpan pinjam desa yang sudah berdiri sejak 1982 silam,” ungkap Purwati.


    Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pringsewu Drs.Masykur.M.M menyambut baik keinginan dari mahasiswa KKN Universitas Saburai untuk membantu membentuk Koprasi berbadan hukum bagi usaha simpan pinjam Dasa Wisma Pekon Wates Selatan.

    Pihaknya meminta kelompok V KKN Saburai membantu pengajuan bantuan bagi wira usaha pemula yang merupakan program kerja di Dinas Koprasi dan UKM.

    “kami sangat menyambut baik keinginan mahasiswa KKN untuk membantu warga membentuk koprasi yang berbadan hokum, dan saya harapkan juga agar membantu warga juga mengajukan bantuan wira usaha yang merupakan program Dinas Koprasi dan UKM,” tutur Masykur.

    Wakil Ketua Kelompok KKN Hartomi mengungkapkan, hingga saat ini proses pembentukan Koprasi  bagi warga Wates Selatan saat ini memasuki tahap pengajuan ke Notaris, sedangkan pengajuan proposl bantuan dana hibah bagi Kelompok wira usaha memasuki tahap pendataan warga yang memiliki usaha.

    Kepala Pekon Wates Selatan Irhamzah, S.S menyambut baik program kerja KKN Kelompok V, terlebih mayoritas  warga Pekon Wates Selatan bermata pencarian sebagai pembuat batu bata, pengerajin sapu ijuk dan pembuat gula aren, Sehingga memang perlu mendapatkan bantuan modal dalam pengembangan usha mereka.

    “saya menyambut baik program adek adek mahasiswa dalam bantu warga membentuk koprasi berbadan hokum, sekaligus membantu warga mengajukan bantuan dalam mengajukan bantuan untuk mengembangkan usaha mereka,” jelas Irhamsyah.

    Reporter  : Eprizal
    Editor      : Rifai

    No comments

    Post Top Ad