• Breaking News

    MAPPILU Lambar Siap Membantu dan Dilibatkan Dalam Mensosialisasikan Pemilu 2019

    Rapat koordinasi silaturrahmi  MAPPILUK bersama KPUD Lambar

    Lampung Barat, Kejarfakta.com -- Rapat koordinasi silaturrahmi Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (MAPPILU) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lambar di ruang rapat KPUD setempat, Jum'at (1/3 2019) pukul 09.30 Wib.

    Hadir dalam acara tersebut, dari unsur MAPPILU Ketua Iwan Setiawan, Sekretaris Nopriadi, Bendahara Merli Sentosa dan wakil Ketua Divisi Real Count Sulemi Indriani Ketua KPUD Imtizal, bersama komisioner Syarif Ediansyah, Karwan Setiawan, dan Romansyah.

    Ketua MAPPILU Lambar Iwan Setiawan dalam sambutanya memaparkan, MAPPILU merupakan lembaga yang dibentuk oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat, dan telah terakreditasi oleh Bawaslu RI. “Tentunya tujuan dibentuknya MAPPILU adalah sebagai wujud nyata Masyarakat Pers, dalam mensukseskan Pemilu 2019,” kata Iwan.

    Di tambah Kanya Iwan, Setiawan pihaknya berharap, jika masih ada beberapa komunitas sasasaran sosialisasi yang belum tersentuh oleh KPUD maka MAPPILU, siap untuk membantu dan dilibatkan dalam mensosialisasikan Pemilu 17 April  2019 tersebut.

    Iwan meyakini bahwa dengan sinerginya seluruh penyelenggara, maka target partiaifasi pemilih  akan tercapai dan zona merah yang pernah disandang Lampung Barat pada Pemilu 2009 silam akan hilang pada Pemilu 2019.

    Sementara, bendahara MAPPILU Lambar Merli Sentosa menambahkan, MAPPILU merupakan lembaga dibawah naungan PWI maka, tentunya wartawan yang tergabung dalam PWI di Lambar akan dilibatkan untuk mendukung sosialisasi KPUD hingga pemantauan pemilu.

    “Khususnya sasaran sosialisasi yang belum tersentuh oleh KPUD, maka MAPPILU bersama jajaran wartawan akan turut mensosialisasikan bersama KPU, termasuk ke sasaran sosialisasi lainnya yang belum dilakukan KPU,” ucap Merli.

    KPUD Lambar Imtizal juga menyampaikan rasa syukur sekaligus berterimakasih atas kunjungan MAPPILU, dan dialog terkait Pemilu.

    Menurut Imtizal, dengan adanya MAPPILU maka pihaknya berharap akan membantu mensukseskan pemilu di Lambar, dan perlu bersinergi antara KPU dan MAPPILU.

    Ditambahkan Imtizal, pihaknya telah memaparkan dan telah melaksanakan sosialisasi di beberapa tempat, dan berharap partisifasi masyatakat, baik di organisaai dan indovidu, untuk mengajak masyarakat, dengan harapan target partisifasi pemilih untuk secara nasional 77,5 persen, dan untuk Lambar ditargetkan 80 persen.

    “Pemilu yang diilaksanakan di daerah mungkin sudah berbeda,  nantinya KPUD akan melaksanakan Binbingan Teknis untuk penyelenggara PPS dan KPPS, dan nantinya penyelenggara di tingkat bawah harus ada kesanggupan yang harus dilakukan, dan  salah satunya harus sanggup mengisi formulir sendiri,” kata Imtizal 

    Selain Imtizal, Komisioner KPUD Syarif Ediansyah mengatakan, yang menjadi dasar terkait dengan sosialisasi, dan ini diharapkan mendapatkan dukungan dari MAPPILU, Untuk sosialisasi pemilih pemula hampir semua sekolah sudah sudah dilakukan sosialisasi, dan tinggal non muslim lagi belum  dilaksanakan.

    “Terkait demgan pengawasan, infrastruktur sampai ke PPS,  pihaknya telah memerintahkan untuk merekrut KPPS, MAPPILU diharapkan untuk memberikan motivasi, karena menyelenggarakan urus negara tidak hanya cukup dengan kami. Di Lampung Barat ini sebanyak 996 TPS, dikali tujuh orang, dan hampir semua tidak  bisa cek oleh KPUD sehingga perlu adanya bantuan dari MAPPILU Lambar tersebut,” ucap Syarif. 

    Reporter   :  Saiful
    Editor       :  Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad