• Breaking News

    Melalui Musrenbang Kabupaten Tahun 2020, Lampung Barat Perkuat Komitmen Sebagai Kabupaten Konservasi dan Kabupaten Tangguh Bencana


    Lampung Barat, Kejarfakta.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2020, akan diselenggarakan pada hari  Selasa, 12 Maret 2019 mendatang, bertempat di Kebun Raya Liwa (KRL).

    Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dilakukan setiap tahun sebelum memasuki anggaran tahun berikutnya. Musrenbang Kabupaten/Kota diawali dengan musrenbang pada tingkat desa dan selanjutnya tingkat kecamatan. Pada prinsipnya, usulan disusun dan disampaikan secara berjenjang/bertingkat mulai dari level RT/RW, Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Data usulan dari semua Desa/Kelurahan yang telah terkumpul, akan digodok dan dimusyawarahkan, hasil musyawarah kecamatan ini dituangkan dalam satu dokumen berupa daftar usulan kegiatan kecamatan yang akan diusulkan pada Musrenbang tingkat Kabupaten/Kota.

    Pada tahap Musrenbang Kabupaten/Kota, semua aspirasi yang masuk melalui musrenbang Kecamatan akan ditampung bersamaan dengan usulan kegiatan dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Forum ini merupakan pembahasan usulan–usulan yang masuk, juga merupakan sarana dan fasilitas untuk melakukan koordinasi antara Kecamatan dengan SKPD yang bersangkutan khususnya untuk melakukan singkronisasi terhadap usulan-usulan kegiatan setiap kecamatan. Usulan kecamatan akan dikelompokkan dan disesuaikan dengan jenis kegiatan SKPD yang berwenang untuk mengakomodir usulan tersebut. Pada tahap ini SKPD akan melakukan verifikasi terhadap usulan kecamatan sebelum dituangkan dalam daftar usulan kegiatan SKPD. Program /usulan kegiatan yang telah lolos pada tahap verifikasi akan dituangkan dalam Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat daerah (Renja-SKPD).

    Pada acara musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Kabupaten Lampung Barat tahun 2020 yang rencananya akan di buka oleh bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus, S.Pd tersbut, akan hadir Kepala Bappeda Provinsi Lampung, perwakilan dari kementerian Lingkungan Hidup, Kepala LIPI, Aanggota DPRD Lampung Barat, Seluruh OPD Kabupaten Lampung Barat dan undangan lainnya.

    Pada kegiatan tersebut juga akan di meriahkan oleh Kesenian Orkes Gambus dan Kesenian Nyambai, pameran produk-produk unggulan Kabupaten Lampung Barat, penyerahan penghargaan SAKIP dan CSR, dan pemaparan dari kementrian Lingkungan Hidup, LIPI dan Bapeda Provinsi Lampung yang di lanjutkan dengan diskusi dan penanaman pohon.

    Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Barat, Erik Enrico, medampingi kepala Badan Ir.Okmal, ketika di hubungi kejarfakta.com membenarkan rencana kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Lampung Barat Tahun 2020 tersebut, Erik juga berharap kehadiran, saran dan masukan dari pihak kementerian Lingkungan Hidup, LIPI dan Bapeda Provinsi Lampung  dalam rangka menyiapkan rencana aksi  untuk memperkuat komitmen kabupaten konservasi dan kabupaten tangguh bencana, pungkasnya.(saipul.red.kejarfakta.com)


    No comments

    Post Top Ad