• Breaking News

    Panwascam Purwokerto Barat Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisifatif

    Panwascam Purwokerto Barat Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisifatif

    Banyumas, Kejarfakta.com -- Panitia Pengawas kecamatan  (Panwascam) Purwokerto Barat  menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam Rangka Pemilu Legislatif dan Presiden 2019. Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (19/3/2019) tersebut, dihadiri puluhan peserta, 

    Ketua Panwascam Purwokerto Barat Parno mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, agar dapat berpatisipasi dalam pengawasan pada Pilpres dan Pileg mendatang. 

    Dia melanjutkan Purwokerto Barat, yang memiliki wilayah luas, sehingga pengawasan tidak bisa dilakukan oleh Panwas saja, Oleh karena itu peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan sangat penting. Hal ini diharapkan dia dapat membantu dalam mengantisipasi terjadinya praktik-praktik kecurangan pada Pemilu.

    "Kita semua berharap pemilu berjalan lancar, aman, dan jujur. Dan itu bisa diwujudkan baik dengan bekerja sama maupun sama-sama bekerja antara penyelenggara, pengawas, serta seluruh elemen masyarakat," jelasnya.

    Sementara itu Komisioner badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kab. Banyumas asep habibulloh dalam paparannya menyampaikan, Panwancam memiliki tugas yang sangat berat di lingkup kecamatan diantaranya pengawasan tahapan, pencegahan,menjaga netralitas ASN, memastikan tahapan-tahapan bisa berjalan dengan sukses.

    Dia melanjutkan Pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019 mendatang bisa terlaksana dengan baik jika ada peran serta dan partisipatif dari masyarakat dalam melakukan pengawasan secara langsung.
    Sebab, pengawas pemilu tidak akan bisa bekerja maksimal tanpa adanya dukungan dari masyarakat termasuk. 

    “Fungsi pengawasan partisipatif yang saya maksud adalah adanya keterlibatan masyarakat untuk melakukan pencegahan terjadinya kecurangan dalam Pemilu,” katanya.

    Acara sosialisasi tersebut dihadiri Asep habibulloh Komisioner Bawaslu Kab. Banyumas, AKP Haryanto SH Kapolsek Purwokerto Barat, Lurah Sekecamatan Purwokerto Barat, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat di Purwokerto Barat.

    Reporter     :  Diki
    Editor         : Rifaie

    No comments

    Post Top Ad