• Breaking News

    Pembinaan Kader Dasa Wisma


    Pesisir Barat, Kejarfakta.com -- Pembinaan Kader Dasa Wisma oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Barat, Hj.Septi Istiqlal, di aula pekon seray Kecamatan Pesisir tengah, Selasa (26/3/2019).

    Dalam sambutannya Hj. Septi Istiqlal menyampaikan, Dasa wisma adalah kelompok ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program.

    Pengumpulan dana, kuesioner, tertib administrasi,adalah beberapa contoh tanggungjawab ketua dawis, untuk kemudian hasilnya diteruskan ke ketua PKK. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan (PKK), pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran).

    Selanjutnya Tujuan kelompok Dasa Wisma ini adalah membantu kelancaran tugas-tugas pokok dan program PKK. Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan, pembuatan jamban, sumur, kembangkan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, membangun sarana sampah dan kotoran).

    Secara umum tujuan dari kegiatan tersebut yang berbasis masyarakat adalah terciptanya sistem kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini di masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang akan mengancam dan merugikan masyarakat yang bersangkutan.

    Dasa Wisma sebagai salah satu wadah kegiatan masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan program-program kegiatan gerakan PKK di tingkat desa,yang nantinya akan berpengaruh pula pada kegiatan gerakan PKK di tingkat Kecamatan dan Kabupaten," pungkas Septi.
    Turut hadir seluruh Kader Pkk kabupaten, Ketua TP.PKK kecamatan, peratin pekon seray, TP.PKK pekon se kecamatan pesisir tengah. (*/Saipul)

    No comments

    Post Top Ad