• Breaking News

    Pemkab Pesibar Gelar Musrenbang Tahun 2019



    Pesisir Barat, Kejarfakta.com -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) melaksanakan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2019, di Gedung Wanita Krui Kabupaten Pesibar, Rabu (13/3/2019).

    Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Bapeda Provinsi Lampung Erlinawati Nagara, SE.,M.M., Bupati Pesibar Dr. Drs. H. Agus Istiqlal,S.H.,M.H., Dandim 0422/LB Letkol Kav Adri Nurcahyo, S.T.,M.Si., Wakil Ketua DPRD Pesisir Barat M. Towil, Pj. Sekretaris Daerah Pesibar Ir Lingga Kusuma, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unsur Forkopimda Pesibar dan Lampung Barat, Para Kadis dan Kakan se-Kabupaten Pesibar.

    Dalam sambutan Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Bapeda Provinsi Lampung Erlinawati Nagara mengatakan, pelaksanaan musrenbang Kabupaten Pesibar, dimana hal ini membuktikan komitmen seluruh jajaran Pemerintah Daerah Pesibar untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam rangkaian proses perencanaan yaitu, dengan menjaring seluruh aspirasi dan inginan masyarakat.

    Ia menyampaikan, meskipun musrenbang selalu dilaksanakan setiap tahun, namun saya berharap kita tidak terjebak pada rutinitas sehingga kewajiban melaksanakan rangkaian proses perencanaan, akan tetapi kita harus mampu memanfaatkan momentum ini dengan benar- benar dan mendengarkan seluruh kebutuhan masyarakat dan seluruh stakeholder pembangunan.

    Dari 66,42 tahun 2014 menjadi 68,25 tahun 2017 keempat pengangguran terbuka sebesar 4,06% lebih rendah dibandingkan angka nasional sebesar 5,04% terima pertumbuhan ekonomi selalu di atas 5% dan selalu diatas rata-rata nasional, laju inflasi yang terkendali dari 4,65 pada tahun 2015 menjadi 3,02 tahun 2017. Hal tersebut memberikan gambaran keberhasilan pembangunan yang telah kita laksanakan.


    Selain itu Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kota, memiliki tanggung jawab untuk mendukung suksesnya pencapaian 5 prioritas nasional tahun 2020 yaitu, yang pertama pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, kedua konektivitas dan pemerataan, ketiga nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, keempat ketahanan pangan air energi dan lingkungan hidup, dan kelima stabilitas pertahanan dan keamanan.

    Sementara Bupati Pesibar, Agus Istiqlal mengatakan, mudah- mudahan pembangunan kantor dapat selesai dengan cepat, sehingga Kabupaten Pesibar dapat mempunyai Kantor Sendiri dengan luas kompleks Pemda seluas 13 Ha.

    “Kami ingin Kedepannya Kabupaten Pesibar ini akan menjadi kabupaten yang paling maju di Provinsi Lampung, maka dari itu kami perlu bantuan dana hibah dari Provinsi untuk mewujudkan keinginan kami tersebut,” ujarnya.

    Menurutnya, pihaknya juga buth perlindungan dan ayoman dari Provinsi dengan adanya hutan kawasan TNBBS  yang berada di Kabupaten Pesibar, karena sering terjadi permasalahan dengan Pemda Pesibar.

    “Kami sudah mendaftarkan daerah yang belum ada aliran listrik termasuk di Wilayah Way Haru yang perlu dan butuh perhatian dari Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Pusat,” ucap Agus.

    Pihaknya juga meminta kepada Dinas Perhubungan Provinsi Lampung dalam pelaksanaan surving, karena banyak peserta yang datang dari mancanegara diwilayah Kabupaten Pesibar, sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik termasuk adanya bandara di Seray agar menjadi bandara Internasional. (red)

    No comments

    Post Top Ad