• Breaking News

    Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan, Usman Karim.

    Way Kanan, Kejarfakta.com -- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan, Usman Karim mengatakan, untuk meningkatkan pendidikan kita berharap masing- masing sekolah di Way Kanan harus punya mimpi dan tujuan, untuk meraih sebuah prestasi.

    “Saya dulu adalah seorang guru, yang saya sedih itu, ada sekolah selama ini hanya menghabiskan waktu selama satu tahun selesai, sekolah tersebut tidak ada prestasi,” ujarnya Usman, kepada Kejarfakta.com, di ruang kerjanya, Rabu (06/03/2019).

    Ia mengatakan, jangan hanya datang kesekolah mengugurkan kewajiban, datang teken absen awal bulan terima gaji. “Jangan seperti itu, karena kita bertanggung jawab dengan pemerintah dan sama Tuhan,” ucapnya.

    Menurutnya, peran guru itu sangat membantu masa depan siswa- siswi, kedepan berperan penting sebagai generasi yang nantinya bisa memajukan daerahnya dan bangsa ini.

    Untuk meningkatkan kualitas guru yang paling penting bagi kepala sekolah dan guru adalah disiplin, dan rasa syukur kita, apa yang kita dapat sebagai Pengawai Negeri Sipil (PNS) syukurin aja yang ada, dengan begitu kita dalam mengajar itu terasa ringan, sehingga mampu memberikan pendidikan yang baik buat siswa.

    “Jika kita ingin anak didik kita pintar, guru harus siap, karena kita sebagai guru harus banyak belajar, ketinggalan kalau guru tidak mau belajar, cara belajar itu bermacam-macam, selain itu harus didukung dengan buku yang sesuai dengan Kurikulum K13,” jelasnya.

    Usman mengungkapkan, Kabupaten Way Kanan ada sekolah Adiwiyata juara 1 se-Provinsi Lampung, SD Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu, karate kita mendapat juara 3 Nasioanl dibumi Ratu Kecamatan Blambangan Umpu, UKS mendapat juara 2 Provinsi Lampung ada di Bandarsari, kecamatan Way tuba.

    Oleh karena itu, kata Usman, setiap sekolah harus punya mimpi. Misal, ingin menjadikan sekolah unggulan, mau menjadikan sekolah ramah anak, ingin menjadikan sekolah adiwiyat, semua itu harus di kejar, akan tetapi harus sepakat dahulu kepala sekolah dan guru- gurunya.

    “Mudah-mudah kalau ini di laksanakan oleh mereka mutu Pendidikan di Way Kanan bisa meningkat, minimal tidak terlalu ketinggalan dengan Kabupaten yang lain. Karena pendidikan itu akan maju jika kepala sekolah dan guru itu bisa hadir tepat waktu mengajar dengan disiplin,” kata Usman. (Yasir/red)

    No comments

    Post Top Ad