• Breaking News

    RAPI Dirikan Radio Pancar Ulang


    Batu Brak, Kejarfakta.com --  Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah VII Kabupaten Lampung Barat (Lambar), makin menunjukkan eksistensinya ditengah kemajuan teknologi. Dengan semakin bertambahnya anggota, RAPI terus meningkatkan  fasilitas pendukung, salah satunya  dengan mendirikan Radio Pancar Ulang (RPU) atau repeater kanal koordinasi RAPI.

    Wakil Ketua RAPI Wilayah VII Pistorik, S.H, M.M., mendampingi  Ketua RAPI Wilayah VII, Drs. Ismet Inoni, M.M., mengatakan, pendirian RPU yang dilakukan secara gotong-royong oleh sejumlah anggota RAPI di puncak Bukit Bawang Bakung/Gerday yang dikenal dengan nama negeri diatas awan, yang berada di ketinggian 1.017 mdpl, secara georgarif masuk dalam wilayah Pekon Negeri Ratu Kecamatan Batubrak tersebut nantinya bisa dipergunakan untuk memperlancar komunikasi melalui  radio.

    ”Alhamdulillah RAPI Lambar terus meningkatkan fasilitas pendukung, salah satu  yang paling penting untuk mendukung komunikasi yakni RPU, yang mampu menghubungkan para breaker dari berbagai daerah di Lambar,” ungkap Pistorik, yang juga Direktur PDAM Limau Kunci tersebut.
    Menurut dia, dipilihnya bukit bawang bakung sebagai lokasi didirikannya RPU,  itu dikarenakan secara geografis berada di daerah cukup tinggi, yang tentunya akan diharapkan mampu menghubungkan seluruh breaker.


    Harapan segala informasi dapat tersampaikan tanpa ada kendala di bidang komunikasi. "Melalui RPU tersebut maka luas jangkauan pancaran Radio Pancar Ulang 15 kecamatan diwilayah Kabupaten Lambar,  dan juga diharapkan mampu terpantau hingga luar kota,” kata Pistorik.

    Selain diharapkan dapat menyambungkan informasi dari dan untuk Anggota RAPI Lambar sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah. Selain itu, pendirian di puncak bawang bakung juga sebagai wujud kepedulian dan dukungan RAPI dalam mempromosikan destinasi wisata di kabupaten setempat.

    ”Dan perlu kami informasikan bahwa frekwensi yang  dipergunakan RAPI Lambar  mengalami perubahan, dari yang sebelumnya ganjil kini berubah genap sesuai petunjuk dar pusat, dimana untuk frekwensi Lambar yang digunakan yakni 142.220, 142.224, 142.226, 142.280,  142.226, 142.230, dan 142.232 ,” ungkapnya. (rifaie/red)

    No comments

    Post Top Ad