• Breaking News

    Wabub Way Kanan Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten

    Wabub Way Kanan Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten

    Waykanan, Kejarfakta.com  --  Wakil Bupati Way Kanan, Edward Anthony, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 GSG Way Kanan, (25/03/19). Melalui Musrenbang ini diharapkan dapat dilakukan sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan, yang perlu dukungan APBD Kabupaten, Provinsi, APBN dan APBK (Kampung).

    “Melalui Musrenbang diharapkan dapat menghasilkan  perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel sebagai  dasar pelaksanaan pembangunan pada tahun 2020,” ujarnya.

    Makan RKPD Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 mengusung Tema: “Meningkatkan Kualitas  Sumber daya Manusia  dan Pembangunan Ekonomi yang didukung kondisi Infrastruktur, Tata Kelola Pemerintahan dan Pelestarian  Lingkungan Hidup yang baik,” 

    Penyelenggaraan Musrenbang ini  merupakan bagian yang penting dalam rangka mencari masukan guna menyusun perencanaan pembangunan tahun anggaran 2020, untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran program yang telah ditetapkan dalam RPJMD Way Kanan  2016-2021.

    “Dalam rangka mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut, Disektor sumber daya manusia diarahkan pada pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat miskin,”  ujar.

    Pengembangan Kopi Robusta Way Kanan telah dilakukan kerjasama , dengan Bank Indonesia, SCOPI, KPH Bukit Punggur dan POKTAN, Pengembangan Lada juga mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi

    Pengambangan Suplesi juga terus dilakukan Pembangunan oleh Pemerintah Pusat serta Program PKH dan lain lain.

    Dilihat dari beberapa indikator makro, capaian kinerja pembangunan Way Kanan saat ini menunjukkan perkembangan yang cukup baik, diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2017 mencapai 65,97 (naik 0,23 poin dari tahun 2016).

    Pertumbuhan ekonomi tahun 2017 mencapai 5,11%; Tingkat kemiskinan di Kabupaten Way Kanan tahun 2018 sebesar 13,52%;  PDRB atas dasar harga 
    berlaku (adhb) tahun 2017 sebesar 12,16 trilyun rupiah. 

    “Untuk mendorong  kinerja makro tersebut, pemerintah Way Kanan telah melakukan terobosan pembangunan fisik, ekonomi dan sosial,” katadia.

    Reporter  :  Yasir
    Editor      :  Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad