• Breaking News

    Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony, Hadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Kabupaten

    Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony, Hadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Kabupaten

    Way Kanan, Kejarfakta.com -- Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony, Hadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan tahun 2019, di TPA Blambangan Umpu, (05/03/2019)

    “Peringatan HPSN merupakan saat yang tepat bagi seluruh pihak untuk mewujudkan kesamaan langkah dan kepedulian dalam pengelolaan sampah,” kata  Edward.

    Menurutnya, target pengurangan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sebesar 30%, dan penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga sebesar 70% ditahun 2025.

    Pemerintah kabupaten way kanan telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Nomor 131.b Tahun 2019 tentang program penerapan eco-office, dan Surat Edaran Bupati nomor 140.a tahun 2019 tentang Program Adipura Kampung. 

    Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Way Kanan, Dwi Handoyo Retno, Hari Peduli Sampah Nasional Diperingati Sejak Tahun 2006 Dengan Motivasi Utama Untuk Semakin Baik Dalam Pengelolaan Sampah. 

    Tema HPSN Tahun 2019 Adalah "Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat Dan Bernilai." Ujarnya.

    Tujuan Untuk Membangun Kesadaran Bersama Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Pengelolaan Sampah Yang Baik, Mendorong Budaya Bersih Dan Produktif Di Tengah Masyarakat Dengan Dinamika Dan Partisipasi Masyarakat Sebagai Modal Sosial.

    “Adapun upaya yang dapat kita lakukan Untuk mengurangi volume sampah, dikenal dengan Program 3 R Yaitu, Reduce (Mengurangi), yakni upayakan meminimalisi barang atau material yang kita pergunakan. Reuse (Menggunakan Kembali), Yakni Pilihlah barang yang bisa dipakai kembali, hindari pemakaian barang yang sekali pakai (Disposable). Recycle (Mendaur Ulang), yaitu barang yang sudah tidak Berguna Lagi Bisa didaur ulang sehingga bermanfaat serta memiliki nilai tambah,” ungkapnya.

    Reporter   :   Yasir
    Editor       :   Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad