• Breaking News

    Bawaslu Lambar Turut Serta Mengerahkan Tim Pengawasan di Tingkat Kecamatan dan Pekon


    Bawaslu Lambar Turut Serta Mengerahkan Tim Pengawasan di Tingkat Kecamatan dan Pekon

    Lampung Barat, Kejarfakta.com -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan antar Lembaga (PHL) M.Ishar mengatakan, salah satu kecurangan yang rawan terjadi diperiode masa tenang adalah politik uang, Rabu (17/4/19).

    Untuk itu pihaknya, turut serta mengerahkan tim ditingkat kecamatan dan pekon, dan di setiap TPS. Menurut dia, fungsi pengawasan ini mengacu pada tugas dan wewenang pengawas TPS sesuai pasal 37 ayat (3) UU Nomor 10 TH 2016.

    "Mereka mengawasi wilayahnya masing-masing. Pengawas TPS kan ada setiap dusun di tiap pekon, jadi pengawasan bisa dilakukan sesuai TPS di sekitar rumah masing-masing pengawas TPS," ucapnya.

    Ditambahkannya, indikasi kecurangan pasti ada, kendati hingga h-1 pelaksanaan Pemilu pihaknya belum menerima laporan soal dugaan politik uang yang dilaporkan tim lapangan maupun laporan masyarakat.

    “Tapi kami terus memantau perkembangan hingga malam sebelum Hari H," ungkapnya.

    Masih kata dia sebelum melakukan patroli pengawasan, para pengawas TPS di Lambar tim telah dibekali bimbingan dan teknis seputar pengawasan pemilu.

    "Tentunya kami berharap semua pengawas TPS bisa melakukan pengawasan dengan semaksimal mungkin," jelasnya.

    Lebih lanjut dikataknnya, partisipasi masyarakat merupakan kunci utama menyukseskan pemilu tanpa politik uang dia juga mengajak, segenap masyarakat untuk menolak sekecil apapun pemberian uang untuk memilih salah satu calon.

    "Jika menemukan hal-hal yang mencurigakan, baik praktik politik uang ataupun kecurangan yang lain, masyarakat dapat segera melaporkannya ke Bawaslu Kabupaten Lampung Barat," ungkapnya.

    Reporter    :  Ade Irawan
    Editor        :  Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad