• Breaking News

    Cerita Perjalanan dari Sosok Pencipta BlackBerry Messenger

    Gary Klassen. Foto: istimewa

    Jakarta, Kejarfakta.com -- Pada 1 Agustus 2005, BlackBerry Messenger atau BBM diluncurkan oleh Research in Motion (RIM). Gary Klassen adalah salah satu sosok utama yang melahirkannya.

    Gary pada waktu itu duduk dengan gelisah di mejanya, pada saat ratusan orang mulai download dan menggunakan BBM versi 1.0 untuk kali pertama. Ia bergabung dengan BlackBerry di tahun 2000, awalnya masuk dalam tim pengembang software BlackBerry 950.

    Sebelum peluncuran, karyawan RIM telah menjajal versi beta BBM. Hanya beberapa orang terlibat dalam proyek generasi pertama BBM, yang awalnya diberi nama Quick Messenger.

    Karyawan RIM yang mengubah namanya menjadi BlackBerry Messenger adalah Jeremy Kettle. Sosok penting lain adalah Jonathan Noble yang menjadi Product Manager pertama BBM.

    "Kami bereksperimen dengan berbagai ide pesan instan. Kami menemukan bahwa jika kami membawa solusi PIN dipadukan dengan GUI (graphical user interface), kami memiliki produk hebat," kata Jonathan yang dikutip dari blog BlackBerry.

    Banyak kelebihan BBM di masa silam. Gary menjelaskan fitur yang menginformasikan pesan sudah Delivered atau sampai ke perangkat pengguna dan Read atau sudah terbaca, telah ada sejak lama, tapi belum diaktifkan. Belakangan, fitur itu dihidupkan dan jadi standar baru di dunia pesan instan.

    "BBM adalah komunikasi teks pertama yang instan, bisa antar operator dan mobile, pada saat orang masih terpaku pada komputer mereka," tandas Gary.

    "Dengan pesan instan desktop, Anda bisa menunjukkan diri 'online' tapi mungkin tidak berada di depan komputer. BBM adalah yang pertama selalu dengan Anda dan Anda sungguh selalu online," papar dia yang keluar dari BlackBerry pada tahun 2016.

    BBM pun jadi idaman karena selain fiturnya lengkap, juga berbiaya rendah, hanya butuh bandwidth biasa serta terkirim secara instan. Sayang kini 14 tahun setelah kelahirannya, BBM akan dimatikan. Namun 'jasanya' dalam dunia pesan instan akan selalu tercatat. (fyk/fyk)

    Sumber: Detik.com

    No comments

    Post Top Ad