• Breaking News

    H-1 Pelaksanaan Pemilu 2019 Bawaslu Tanggamus Copot APK di Sepanjang Jalinbar

    H-1 Pelaksanaan Pemilu 2019 Bawaslu Tanggamus Copot APK di Sepanjang Jalinbar

    Tanggamus, Kejarfakta.com -- Hari terakhir masa tenang menjelang Pilpres dan Pileg 2019, Bawaslu Tanggamus mencopot Alat Praga Kampanye (APK),  yang masih terpasang sepanjang jalan Lintas Barat Kabupaten setempat, Selasa (16/4/19).

    Pencopotan APK itu, berlangsung dengan pengawalan Polisi dan dibantu Pol PP serta Dinas Perhubungan Kabupaten Tanggamus.

    Tim yang melakukan monitoring sekaligus mencopot APK Capres dan Cawapres serta Caleg 2019, yang masih terpasang itu terbagi menjadi dua tim, yakni satu tim sepanjang jalan Lintas Barat mulai dari Kecamatan Gisting hingga Pugung, lalu tim lainya sepanjang ruas jalan Lintas Barat dari Kecamatan Kotaagung 
    Timur hingga Kecamatan Semaka.

    Ketua tim monitoring yang dipimpin oleh Kordinator Divisi SDM Bawaslu Tanggamus Ali Afan mengatakan, berdasarkan pendataan khusus di jalan protokol Kecamatan Kota Agung Pusat ditemukan 9 APK masih terpasang dibaliho/billboard.

    "Kami melaksanakan penertiban APK Kampanye karena dalam masa tenang ini peserta pemilu harus menertibkannya. Tetapi sampai limit waktu dalam hal ini H-1 masa pencoblosan maka pengawas pemilu dan stakholder terkait turun langsung untuk penertiban," ungkapnya saat ditemui di lokasi monitoring.

    Ali Afan mengaku, rata-rata yang belum diturunkan adalah baliho ukuran besar yang menempel di billboard sehingga pihaknya menggandeng Dishub dalam penggunaan mobil forklift.

    H-1 Pelaksanaan Pemilu 2019 Bawaslu Tanggamus Copot APK di Sepanjang Jalinbar

    "Hal itu dilakukan untuk mempermudah proses pencopotan, sebab baliho berukuran besar dan letaknya sangat tinggi," ujarnya.

    Ditambahkan Ali Afan selain di APK di Billboard, pihaknya juga menemukan APK salah satu Capres, menempel di dinding berkuran besar dan bendera partai tepatnya disebuah gedung walet di Kota Agung namun, setelah berkoordinasi dengan pemilik gedung, mereka menurunkannya dengan sukarela.

    "Kami temukan baliho besar di dinding gedung walet setelah berkoordinasi dan menyampaikan bahwa dalam masa tenang APK seluruhnya harus dicopot sehingga warga tersebut mencopotnya dengan sukarela," tandasnya.

    Terpisah, Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Bunyamin, SH mengatakan bahwa guna mendukung pelaksanaan tugas Bawaslu Tanggamus, pihaknya memerintahkan 4 personil guna membantu kegiatan tersebut.

    "Dalam penertiban APK, Polres Tanggamus menerjunkan 4 personil yang sifatnya hanya mendampingi Bawaslu," kata Kompol Bunyamin mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto di ruang kerjanya.

    Reporter   :  Agus
    Editor       :  Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad