• Breaking News

    Keberadaan Dana Desa Dinilai Tingkatkan Sektor Bidang Pembangunan di Kampung Karya Murni Jaya


    Tulang Bawang, Kejarfakta.com -- Keberadaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) menjadikan motivasi bagi pemerintah kampung Karya Murni Jaya, Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang, untuk memacu di sektor bidang pembangunan fasilitas umum maupun beberapa bidang lainnya.

    Tidak mengherankan melalui kucuran dana yang diberikan pemerintah melalui program dana desa maupun alokasi dana desa mendapatkan dukungan positif dari warga. Spirit itu pula yang dimiliki oleh pemerintah kampung Karya Murni Jaya untuk memajukan kampung dengan cara membangun dan membenahi berbagai fasilitas yang tentunya menjadi skala prioritas yang mendesak di butuhkan warga.


    Seperti tahun 2019 ini, kampung Karya Murni Jaya kembali mendapatkan kucuran dana dengan jumlah total Rp.1.222.247.375 milliar, yang mana pendapatan tersebut terdapat beberapa rincian seperti yang telah disusun melalui APBKam kampung setempat;

    ·         * Pendapatan Asli Kampung Rp. 6.700.000 juta.
    ·         * Dana Kampung Rp. 800.428.768 juta.
    ·         * Alokasi Dan Kampung Rp. 355.100.000 juta.
    ·         * Bantuan APBD Kabupaten Rp. 60.000.000 juta.

    Dengan rincian penggunaan meliputi :

    1. Bidang Penyelenggaraan Rp. 423.502.677 juta.
    2. Bidang pembangunan kampung Rp. 585.605.550 juta.
    3. Bidang pembinaan kampung Rp. 106.050.000 juta.
    4. Bidang pemberdayaan kampung Rp. 108.475.000 juga.
    5. Bidang penanggulangan bencana kesamaan darurat dan mendesak pembiayaan Rp. 1.385.852 juta.


    Kepala Kampung Karya Murni Jaya, Sudarno mengatakan, sangat terbantu dengan adanya program dana desa maupun kucuran alokasi dana desa yang mana dapat menunjang kemajuan pembangunan di kampung serta dapat membantu untuk meningkatkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh warga.

    "Alhamdulillah berkat bantuan dari pemerintah melalui program dana desa maupun alokasi dana desa kami sangat terbantu. Sebab, melalui dana itu berbagai fasilitas umum dapat di bangun tentu hal sedemikian dapat membantu perekonomian bagi para warga," ucap Darno di rumah kepada kejar fakta.com, Jumat (12/4/19).

    Lebih jauh mewakili masyarakat Karya Murni Jaya, Darno berharap program dana desa maupun alokasi dana desa dapat berkelanjutan karena sangat membantu untuk pembangunan, pemberdayaan dan lain sebagainya.

    "Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat maupun daerah atas kucuran dana yang diberikan, tentu dana yang dikelola nanti akan semaksimal mungkin kami gunakan sebagai mana mestinya, dan segala program yang akan kami laksanakan itu semua sesuai dengan keinginan dan usulan masyarakat yang berhasil dihimpun beberapa waktu lalu melalui musyawarah bersama," tutup Darno. (Roby/red)

    No comments

    Post Top Ad