• Breaking News

    Pertamina Menjamin Pasokan BBM Aman saat Pemilu 2019


    Surabaya, Kejarfakta.com -- PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di seluruh wilayah Indonesia menjelang maupun usai Pemilihan Umum 2019 aman.

    “Kami memastikan keamanan stok dan suplai BBM serta elpiji sehingga mendukung kelancaran Pemilu yang aman dan damai sesuai harapan bersama,” kata Direktur SDM PT Pertamina (Persero), Koeshartanto ketika ditemui usai apel siaga kesiapan pengamanan distribusi BBM dan elpiji di Terminal BBM Surabaya Group di Jalan Perak Barat, Kamis (11/4/19).

    Apel siaga digelar untuk mengantisipasi gangguan terhadap sarana dan fasilitas Pertamina mulai kegiatan hulu, produksi di kilang, dan distribusi ke masyarakat.

    Tidak hanya di Surabaya, apel siaga dilaksanakan serentak di seluruh lokasi TBBM, kilang dan unit operasi hulu Pertamina se-Indonesia.

    Sebagai langkah konkret jaminan keamanan dan pasokan, Pertamina telah membentuk satuan tugas Pemilu sejak 18 Februari 2019 yang pada 11 hingga 22 April bekerja 24 jam, bahkan pimpinannya wajib “on call” dan tak diperbolehkan libur.

    Dalam pengamanan, kata dia, Pertamina telah melakukan kesepakatan, termasuk menandatangani nota kesepakatan dengan TNI dan Polri untuk memastikan keamanan di seluruh sarana dan fasilitas operasi yang merupakan objek vital nasional.

    Satgas Pemilu melibatkan Kantor Pusat, Unit Bisnis, Unit Operasi dan Anak Perusahaan di seluruh Indonesia.

    “Satgas ini merupakan yang pertama kali karena pelaksanaan Pemilu serentak dan gabungan juga baru pertama kali dalam sejarah Indonesia, sekaligus memastikan kebutuhan energi selama Pemilu hingga rekapitulasi penghitungan suara terpenuhi dengan baik,” katanya.

    Sementara itu, terkait stok, Pertamina memastikan tidak ada masalah, di antaranya stok di Terminal BBM Surabaya Group yang melayani pasokan ke seluruh Jatim bisa memenuhi kebutuhan BBM hingga 11 hari ke depan.

    “Tapi bukan berarti setelah hari ke-11 tidak aman. Suplai BBM ke terminal terus dilakukan dan setelah 11 hari serta seterusnya tetap tak ada masalah,” ujar Koeshartanto.

    Berikutnya, tentang konsumsi normal harian BBM jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Dexlite serta Pertamina Dex berada pada kisaran volume 20.290 kiloliter per hari.

    Namun, saat hari H Pemilu, konsumsi diprediksi mengalami kenaikan karena saat hari H pencoblosan merupakan hari libur dan mendekati akhir pekan.

    Pemilihan umum serentak digelar 17 April 2019, yakni memilih anggota DPRD II, DPRD I, DPR RI, DPD serta presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

    Pemilihan Presiden diikuti dua pasangan calon, yaitu Jokowi-KH Ma`ruf Amin dengan nomor urut 01, serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan nomor urut 02. (red/fokusenergi)

    No comments

    Post Top Ad