• Breaking News

    TPS Unik, Petugas KPPS di Perumahan Ragom Mufakat II Kalianda Gunakan Kebaya


    Lampung Barat, Kejarfakta.com -- Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 ini, berbagai hal dilakukan untuk meningkatkan partisipasi warga dalam menyalurkan hak suara untuk memilih. Termasuk menggunakan cara yang unik di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

    Seperti di TPS 36 Perumahan Ragom Mufakat II Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda. Semua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) adalah perempuan yang mengenakan kebaya khas dengan motif dan warna yang seragam.

    Selain petugas KPPS-nya didominasi kaum perempuan, mulai dari pintu masuk, suasana di dalam TPS yang diberi nama TPS Kartini itupun dibuat nyaman dan cantik dengan dihiasi bunga.

    Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) 36 Ragom Mufakat II, Retno Sri Darwati mengatakan, konsep di TPS kreasi para ibu-ibu itu, dibuat untuk menarik warga, khususnya partisipasi kaum perempuan untuk mendatangi TPS dan menggunakan hak pilihnya.


    “Memang ini (konsep) dalam momentum hari Kartini, jadi kita membuat kostumnya berkebaya. Kita ingin punya ciri khas yang berbeda dengan hari-hari biasa,” kata Retno ditemui tim ini disela-sela bertugas.

    Menurut Retno, keunikan TPS 03 tersebut dilakukan sebagai salah satu cara mempertegas peranan kaum perempuan dalam berpolitik. Selain itu kata dia, hal itu itu dilakukan agar pemilih merasa nyaman saat menyalurkan hak piliknya di TPS.

    “Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam berpolitik. Jadi, kami desain sedemikian rupa supaya masyarakat juga nyaman, tidak seperti yang biasa-biasa. Mudah-mudahan pemilih siang hari ini juga bisa merasa senang,” katanya.

    Sementara itu, menurut penuturan Retno, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 03 tersebut sebanyak 193, dengan jumlah pemilih laki-laki sebanyak 89 dan pemilih perempuan sebanyak 104. (Jusman/kmf)

    No comments

    Post Top Ad