• Breaking News

    Ada Apa Dengan Disdukcapil Banyumas Sehingga Pembuatan Akte Kelahiran Atas Nama Jalu Prajasa Dipersulit


    Ada Apa Dengan Disdukcapil Banyumas Sehingga Pembuatan Akte Kelahiran Atas Nama Jalu Prajasa Dipersulit

    Banyumas, kejarfakta.com -- Pembuatan akte kelahiran atas nama Jalu Prajasa warga Desa Wiradadi Kecamatan Sokaraja dipersulit.

    Berdasarkan pantauan kejar fakta (2/5/19) di kantor Dinas Kpendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banyumas.

    Kepala Disdukcapil Banyumas Wisnu Jatmiko merasa terkejut saat melihat bukti serah terima dari Kecamatan Sokaraja yang sejak 12 maret 2019 sampai 2 mei 2019 akte kelahiran atas nama Jalu Prasaja belum rampung.

    Saat itu juga Wisnu Jatmiko memanggil stafnya untuk mengecek dan menelpon ke kecamatan dan setelah pihak staf dindukcapil  menelpon ke operator dindukcapil yang  berada di Kecamatan Sokaraja.

    Sehingga  akhirnya Wisnu Jatmiko memerintahkan  dicky seorang yang diberi kuasa oleh pihak pembuat aktye kelahiran tersebut mengambil berkas di kecamatan.

    Saat berada di Kantor Kecamatan salah pegawai Kecamatan berinisial E dan mempertanyakan kenapa bias begitu lama proses pembuatan akte tersebut hingga menghabiskan waktu satu bulan.

    Pegawai kecamatan tersebut berkilah adanya salah meletakan  berkas sehingga berkas atas nama Jalu tersebut terlambat disetor ke Kantor Disdukcapil. “Ada petugas yang salah taruh  sehingga terlambat,” ujar pegawai itu.

    Sementara berkas tersebut juga pernah di permasalahkan oleh pihak kecamatan dengan alas an kurang lengkap silsilah riwayat keluarga.

    Tidak hanya ssampai disitu, setelah dilengkapi persyaratanya lalu pihak Kecamatan Sokaraja kirim berkas ke staf dindukcapil berinisial Ab, pembuatan akte kelahiran tersebut tidak nyaris tidak dapat di proses kendati telah menggunakan surat kuasa dan menggunakan materai 6000, meski berkas telah dilengkapi.

    Pertanyaanya, ada  apa dengan staf Disdukcapil yang berinisial Ab dengan memproses pembuatan akte kelahiran atas nama Jalu Prasaja.

    Padahal sudah lengkap persyaratanya, mohon kepada Disdukcapil Banyumas bisa memproses akte kelahiran tersebut.
    Reporter  :   Diki
    Editor      :   Ahsannuri

    No comments

    Post Top Ad