• Breaking News

    Melalui Kucuran DD dan ADD Tahun 2019, Kampung Banjar Dewa Optimis Wujudkan Kampung Mandiri dan Berkembang


    Tulang Bawang, Kejarfakta.com -- Pemerintah Kampung Banjar Dewa, Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang, pada tahun 2019 melalui kucuran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang di gelontarkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah akan terus gencar membangun demi terwujudnya kampung yang mandiri dan lebih berkembang.

    Kemajuan tersebut akan di realisasikan baik dari sektor pembangunan fisik maupun non fisik yang telah di susun melalui perencanaan sesuai dengan  APBKam kampung setempat.

    Sekretaris Kampung setempat Barokah, mengatakan pada tahun 2019 ini pemerintahan Kampung Banjar Dewa lebih optimis membangun demi terwujud nya keinginan masyrakat dan tercapainya kampung yang mandiri dan lebih berkembang.

    "Total pendapatan pada tahun 2019, Rp. 1.273.022.844 juta meliputi, dana kampung Rp. 770.722.844, alokasi dana kampung Rp. 437.300.000, bantuan keuangan kabupaten Rp. 60.000.000 Pendapatan lain-lain yang sah Rp. 5.000.000," ucap Barokah kepada kejarfakta.com, Sabtu (25/5/19).

    Dikatakannya, adapun dari perencanaan belanja kampung berjumlah Rp 404.400.000 bersumber dana dari ADK dengan uraian kegiatan. Siltap dan tunjangan kepala kampung, Siltap dan tunjangan perangkat kampung, Jaminan sosial kakam dan perangkat kampung, Operasional perkantoran, tunjangan BPK, Operasional kantor BPK, insentio RT, penyediaaan sarana perkantoran, penyusunan dokumen perencanaan desa, engelolaan administrasi penilaian aset desa, pengembangan sistem informasi desa.

    Lalu bidang pelaksanaan pembangunan kampung Rp 717.909.844 sumber dana dari DK dengan uraian kegiatan. Penyelenggaraan PAUD/TK/TPA/TKA/TPQ/Madrasah (Bantuan Insentif Guru), Penyelenggaraan pos kesehatan desa (bantuan insentif bidan desa), penyelenggaraan posyandu, pengasuhan bersama atau bina keluarga balita, pembangunan/peningkatan jalan lapen/hotmix jalan desa volume 430 meter, pembangunan dreinase Rk.02 tipe 1M x 0,8M x 0,6M volume 452M, pembangunan dreinase Rk.02 tipe 0,6M x 0,6M x 0,4M volume 370M, pembangunan ruang terbuka hijau / taman kampung sebanyak 1 unit, pembangunan fasilitas jambanisasi warga sebanyak 3 unit.

    Lebih jauh ia memaparkan, Bidang Kemasyarakatan Rp. 68.523.000 degan uraian kegiatan. Penguatan dan peningkatan kapasitas tenaga keamanan, koordinasi pembinaan keamanaan ketertiban dan perlindungan masyarakat, pembinaan karang taruna/klub kepemudaan/klub olah raga, pembinaan LKMD/LPM/LPMD, pembinaan PKK, tunjangan pekerja sosial masyarakat, kegiatan pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat.

    Kemudian bidang pemberdayaan masyarakat Rp. 89.000.000 meliputi uraian kegiatan. Monitoring dan evaluasi administrasi keuangan kampung, pelatihan penyuluhan hukum, peningkatan kapasitas kader teknik desa, peningkatan kapasitas aparatur desa melalui SIPADES, sosialisasi kampung layak anak, sosialisasi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif, pelatihan penglolaan BUM Desa, pembantukan fasilitas kelompok usaha ekonomi produktif. 3. Pembiyaaan Rp. 6.610.000 silpa tahun 2018.

    Sementara Kepala Kampung, Banjar Dewa Asri Susilo, mengucapkan terimakasih atas gelontaran dana yang di kucurkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang.

    "Kucuran dana ini sangat membantu demi kemajuan di kampung kami sebagaimana sesuai dengan harapan masyarakat. Tentu kamipun akan mengelola dana tersebut dengan sebaik mungkin hingga menghasilkan pembangunan dan berbagai kegiatan yang maksimal sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan," ucap Kepala Kampung Asri.

    Lebih jauh Asri mengajak khususnya kepada masyarakat Banjar Dewa untuk bersama membangun, menjaga dan mengawasi segala pembangunan yang akan di laksanakan nantinya.

    "Mari kita sukseskan pembangunan ini dengan bersama kita awasi serta menjaga pembangunan yang nantinya akan kita laksanakan, tentu hasil pekerjaan yang maksimal akan terjamin kualitasnya dan sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat banyak," tutupnya. (Roby)

    No comments

    Post Top Ad